banner 728x250

Verval PD : Aplikasi Input NISN Murid di Sekolah

  • Bagikan
Verval PD Aplikasi Input NISN Murid di Sekolah
Verval PD Aplikasi Input NISN Murid di Sekolah
banner 468x60
Verval PD
Verval PD

Laman atau aplikasi verval PD adalah laman baru yang ditujukan untuk memudahkan operator sekolah dalam mengelola data siswa.

Jika dulunya pengajuan perbaikan data ke pusat akan memakan waktu yang lebih lama, maka dengan adanya aplikasi baru ini, operator sekolah tidak akan kesulitan ketika harus memvalidasi atau mengajukan perubahan data.

banner 336x280

Apa Itu Aplikasi Verval PD?

Aplikasi verval PD adalah aplikasi yang dibuat dan dirilis oleh PDSPK atau Pusat Data serta Statistik Pendidikan dan Kebudayaan oleh Kemendikbud.

Aplikasi ini memiliki kepanjangan Verifikasi serta Validasi Peserta Didik yang bertujuan untuk memudahkan operator sekolah dalam mengelola dan memvalidasi data para peserta didik.

Manfaat lain dari keberadaan aplikasi verval PD adalah agar terbentuk integrasi yang lebih kuat di antara pendidikan dasar, menengah, atas hingga pendidikan bagi anak usia dini atau PAUD, dan pendidikan masyarakat yang berada di bawah naungan Kemdikbud,

Dengan peserta didik yang terdaftar di bahwa naungan Kementrian Agama. Harapannya akan terbentuk tata kelola pendidikan yang lebih baik.

Menu yang Terdapat Pada Verval PD

Pada laman utama dari aplikasi verval PD, Anda akan diberikan dua pilihan menu utama yakni menu Pengolahan beserta menu Data.

Selain itu, pada laman awal ini akan diberikan gambar grafik yang menunjukkan persentase antara data peserta didik yang tidak valid (residu) dan data peserta didik yang valid.

Ada pula grafik berisi perbandingan antara total perubahan data yang diajukan serta disetujui.

1. Submenu Peserta Didik (Menu Data)

Pada menu Data, terdapat dua submenu yakni menu Residu dan submenu Peserta Didik. Submenu Peserta Didik berisi daftar nama peserta didik yang berada di bawah naungan sekolah Anda.

Di dalam data submenu Peserta Didik Anda bisa melihat ringkasan data pribadi peserta didik meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, NISN, NIK, nama ibu kandung, tingkat sekolah hingga jenis kelamin.

Anda bisa memanfaatkan menu Search atau Pencarian yang terletak di bagian atas tabel untuk memudahkan mencari peserta didik berdasarkan nama. Tinggal ketikkan saja kata kunci dari peserta didik yang ingin Anda cari.

Apabila tabel nama siswa berwarna kuning, maka artinya siswa yang bersangkutan belum mendapatkan NISN. Sementara apabila tabel NIK berwarna merah artinya data NIK belum diisikan.

Anda bisa mengklik ikon peserta didik jika ingin melihat profil siswa secara keseluruhan. Di dalam profil siswa tertera data berupa orang tua, data atribut, quality control serta longitudinal.

2. Submenu Residu (Menu Data)

Apabila data peserta didik yang dimasukkan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, maka Anda dapat mengetahuinya melalui submenu Residu.

Submenu Residu termasuk ke dalam menu Data yang memuat data peserta didik yang memiliki kesalahan seperti karakter dan spasi yang salah, masih ada data yang belum terisi atau huruf yang salah dan sebagainya.

Berikut adalah tanda kesalahan pada submenu Residu:

1. Kolom Nama yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Konsisten” atau sudah benar. Sementara jika mendapat silang berwarna merah artinya ada kekeliruan yang harus diperbaiki. Kekeliruan bisa disebabkan karena “Nama yang kosong”, “Terdapat karakter spesial pada nama seperti angka”, “Nama yang diinputkan kurang dari 3 huruf”.

2. Kolom Tempat Lahir yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Konsisten” atau sudah benar. Sementara jika mendapat silang berwarna merah artinya ada kekeliruan yang harus diperbaiki. Kekeliruan bisa disebabkan karena “Tempat lahir belum diisi”, “Terdapat karakter spesial seperti angka”, “Tempat lahir yang diinputkan kurang dari 3 huruf”.

3. Kolom Sekolah atau Rombel yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Unik”. Namun jika mendapatkan silang merah artinya “Peserta didik terdeteksi terdaftar di lebih dari 1 sekolah atau rombel”.

4. Kolom NISN yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Unik”. Namun jika mendapatkan silang merah artinya “NISN kosong”, “NISN digunakan oleh lebih dari 1”, “NISN tidak cocok dengan format”.

5. Kolom Tanggal Lahir yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Konsisten” atau sudah benar. Sementara jika mendapat silang berwarna merah artinya ada kekeliruan yang harus diperbaiki. Kekeliruan bisa disebabkan karena “Tanggal lahir belum diisi”, “Tanggal lahir tidak masuk akal”.

6. Kolom Ibu Kandung yang diberikan centang berwarna hijau artinya “Konsisten” atau sudah benar. Sementara jika mendapat silang berwarna merah artinya ada kekeliruan yang harus diperbaiki. Kekeliruan bisa disebabkan karena “Nama ibu kandung belum diisi”, “Terdapat karakter spesial seperti angka”, “Nama ibu kandung yang diinputkan kurang dari 3 huruf”.

7. Centang hijau pada data peserta didik menunjukkan bahwa data sudah benar. Sementara apabila masih terdapat kesalahan pada data peserta didik maka akan mendapatkan tanda silang merah.

Panduan Edit Data NISN Peserta Didik Melalui Verval PD

  • Buka website browser yang sudah terinstal di dalam komputer atau laptop
  • Masuk ke dalam alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id atau https://sso.data.kemdikbud.go.id/. Terkadang hanya salah satu website saja yang bekerja untuk itu Anda bisa mengecek salah satu dari keduanya terlebih dulu dan gunakan website yang bekerja.
  • Masukkan data berupa username serta kata kunci atau password
  • Anda akan dibawa ke menu beranda verval PD
  • Pilih submenu “Edit NISN” yang ada pada sisi kiri aplikasi. Submenu Edit NISN berada di bawah menu Pengolahan
  • Klik pada kolom berjudul “Daftar Siswa”. Kemudian untuk memudahkan pencarian peserta didik berdasarkan nama bisa dengan mengetikkan nama sisa di kolom pencarian
  • Pilih nama peserta didik yang ada diedit NISN-nya.
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke data profil peserta didik lengkap meliputi data nama lengkap, tempat tanggal lahir, NISN, NIK, nama ibu kandung, tingkat sekolah hingga jenis kelamin.
  • Masukkan data NISN baru pada kolom untuk mengisi NISN baru yang ada di sisi atas tabel. Selain memasukkan data NISN baru, Anda juga bisa memilih NISN yang mau diklaim.
  • Data NISN baru yang akan dimasukkan tidak boleh merupakan NISN yang sudah dipakai oleh peserta didik aktif atau tercatat di arsip
  • Kemudian pilih tombol bertuliskan “Cek Data Master”
  • Anda akan dibawa ke laman baru berisi “Tabel Indeks Kemiripan”. Pada tabel ini berisi perbandingan antara kemiripan data pada arsip NISN lama dengan yang baru. Di dalam tabel ini berisi data nama lengkap, tempat tanggal lahir, NISN, NIK, nama ibu kandung, tingkat sekolah hingga jenis kelamin.
  • Indeksi kemiripan yang tertera harus lebih dari 80 sehingga menu Update bisa terbuka. Setelahnya Anda bisa mengupload dokumen pendukung lainnya seperti Ijazah, print screen NISN dan sebagainya.
  • Selanjutnya Anda tinggal menunggu data yang diajukan untuk disetujui oleh PDSPK.

Dengan adanya aplikasi Verifikasi serta Validasi Peserta Didik, operator sekolah akan lebih mudah dalam mengubah data berupa nama peserta didik, tempat serta tanggal lahir, nama ibu kandung, NIK yang keliru. Selain itu aplikasi verval PD juga berguna bagi operator sekolah dalam melakukan validasi NISN milik peserta didik yang telah diinput ke dalam aplikasi Dapodik.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *