banner 728x250

Emis Pendis – Tahapan Pendataan Menggunakan Feeder Emis Pendis

  • Bagikan
Tahapan Pendataan Menggunakan Feeder Emis Pendis
Tahapan Pendataan Menggunakan Feeder Emis Pendis
banner 468x60
Feeder Emis Pendis
Feeder Emis Pendis

memang sudah sangat maju. Dari yang semula harus dilakukan dengan cara pengisian berkas di kertas dengan jumlah berlembar-lembar, hingga sekarang sudah berbasis online .

Tahapan pendataan Menggunakan Feeder Emis Pendis ini berguna bagi semua lembaga yang berada di bawah naungan Kemenag.

banner 336x280

Lembaga tersebut meliputi RA dan Madrasah, Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, hingga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Tahap Pendataan Emis Pendis

Emis Pendis
  1. Unduh Aplikasi

Sebelum bisa melakukan login, tentunya Anda harus mengunduh aplikasi feeder emis dan menginstalnya pada desktop lokal Anda.

Ada berbagai cara dan laman yang menyediakan aplikasi ini. Anda dapat memilih yang sesuai dan mudah untuk Anda akses.

  • Login Awal 

Proses ini adalah proses penyinkronan antara data pengguna, dalam hal ini adalah lembaga seperti yang ditulis di awal tadi ke dalam aplikasi maupun server emis.

Proses registrasi ini tentunya harus dilakukan secara daring sebab proses sinkronisasi akan berjalan secara real-time. 

Pada login yang pertama kali, Anda akan mendapati tombol yang bertuliskan Get Data and Login. Tombol ini hanya akan muncul pada saat pertama saja dan selebihnya hanya akan ada tombol Login saja.

Letak tombol ini berada di bawah kolom username dan password. 

login :http://emispendis.kemenag.go.id/

Ketika pengguna mengisikan nama pengguna atau username dan kata kunci atau password ketika melakukan login pertama, akan dilakukan sinkronisasi dan pengunduhan data yang dilakukan oleh aplikasi feeder emis.

Data yang diunduh dan dicocokkan ini berupa akun operator dan juga data lembaga yang diambil dari pusat layanan emis. 

Jika login tidak berhasil karena beberapa kesalahan, misalnya laman tidak mau terbuka maupun kesalahan dalam input nama pengguna maupun kata kunci, maka Anda harus mengulangi proses login awal dari tahap pertama lagi.

Namun jika login dinyatakan berhasil, maka Anda dapat melanjutkan ke fitur selanjutnya. 

  • Import Data Awal

Dalam tahapan Menggunakan Feeder Emis Pendis ini, data yang harus Anda masukkan berupa siswa, guru dan tenaga pendidik serta sarana dan prasarana yang akan menjadi dasar pendataan. Proses ini pun harus dilakukan dengan cara daring. 

Karena dinamakan sebagai impor data awal, maka tentu saja tidak ada data lain yang ada pada dashboard AFE, selain data pengguna yaitu data lembaga.

Untuk itulah pengguna harus mengunduh semua data yang diperlukan yang diambil dari server emis. 

Cara impor ini juga cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama, walaupun data siswa yang harus diunduh bisa mencapai ratusan. Anda tinggal menekan fitur Data Lampau.

Setelah mengeklik menu ini, maka akan muncul beberapa sub menu lagi pada bar.

Sub menu tersebut antara lain Impor Siswa, Impor GTK dan Impor Sarana dan Prasarana. Setelahnya Anda hanya perlu memilih tombol Execute pada semua sub menu.

Kemudian yang perlu Anda lakukan setelahnya adalah menunggu proses pemuatan data hingga semuanya sudah selesai dan berhasil. 

Jika tidak ada lagi proses yang kurang dan semua pengunduhan berhasil, maka tekan OK. Anda juga cukup melakukan impor data ini satu kali, karena semua sudah tersinkronisasi.

Anda dapat melihat ringkasan semua proses yang sudah Anda lalui pada tahapan impor ini pada laman Beranda. 

Namun, apabila ada pembaruan data, misalnya mutasi siswa maka Anda bisa melakukan pemutakhiran lewat feeder monitor. 

  • Pemutakhiran Data

Berbeda dengan dua tahap sebelumnya yang harus selalu terhubung ke internet karena harus dilakukan secara daring, maka proses kali ini bisa dilakukan secara luring.

Anda dapat melakukan pembaruan data dari yang sebelumnya sudah Anda lakukan.

Pembaruan data yang bisa dilakukan adalah :

Emis Pendis 2
  • Data siswa : Lakukan proses penyuntingan lewat menu Peserta Didik dan pilih sub menu Siswa Aktif. Kemudian tekan tombol Action pada bagian data siswa yang ingin diperbarui, selanjutnya akan terbit laman Form Edit Siswa. Lakukan penyuntingan pada bagian kolom putih. Sedangkan kolom abu-abu tidak dapat dilakukan penyuntingan.  Setelah selesai, jangan lupa pilih tombol Update. 
  • Data kelembagaan : data yang bisa diperbarui adalah data umum, lokasi, jarak, perizinan, KKM, penyelenggara, dan BOS. Anda dapat melakukan proses penyuntingan dengan menekan menu dan sub menu yang ada pada bar. Setelah selesai melakukan penyuntingan, selalu akhiri dengan menekan tombol Update. 
  • GTK, Sarpras, Mutasi : Anda dapat melakukan penyuntingan lewat AFE secara daring melalui Feeder Monitor. 
  • Sinkronisasi Data Akhir

Tahapan ini adalah mengirimkan kembali data yang sudah diperbarui lewat AFE ke server pusat Emis pendis. Karena merupakan proses sinkronisasi real time, maka proses ini juga membutuhkan koneksi internet karena harus dilakukan secara daring. 

Sama seperti ketika impor data awal, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari tombol dengan tulisan Execute pada menu sinkronisasi di sidebar. Lakukan pada tiap pembaruan yang diinginkan.

Misalnya menekan tombol Execute pada data sarana prasarana yang sudah dimutakhirkan, maupun data siswa atau data lainnya yang sudah diperbarui.

Sebelum melakukan submit data final, ada baiknya Anda memeriksa kembali setiap input yang sudah Anda masukkan. Pastikan semua datanya valid sehingga Anda tidak perlu melakukan pemutakhiran kembali.

Selain karena proses pengerjaannya yang memakan waktu, Anda juga harus cepat dalam mengeksekusi perbaikan ini. Sebab setelah Berita Acara Pendataan dicetak oleh pengguna maupun ketika masa pendataan berakhir, Anda sudah tidak bisa lagi melakukan pemutakhiran.

Terlebih lagi, Anda juga harus menunggu koneksi pusat data Emis Pendis pusat dibuka terlebih dahulu sebelum Anda bisa melakukan pemutakhiran, jika Anda terlewat dan masa pendataan sudah berakhir.

Jika Anda ingin memeriksa hasil penyinkronan ini, maka Anda dapat mengunjungi laman AFE monitor. Ketika akan login, Anda bisa memakai nama pengguna dan kata kunci sama seperti yang Anda gunakan pada AFE maupun Emis daring. 

Namun apabila Anda lupa tentang nama pengguna maupun kata kunci yang Anda gunakan sebelumnya, Anda dapat mengajukan fitur reset dengan menekan tombol lupa kata kunci atau nama pengguna yang terpampang di layar. 

Nantinya akan dikirimkan link ke surel yang sudah Anda daftarkan dan Anda dapat mereset dari link yang diberikan tersebut. 

  • Berita Acara Pendataan

Seperti yang sudah dibahas sekilas di atas, proses pendataan dinyatakan final jika operator sudah mencetak Berita Acara Pendataan.

Hal ini berarti semua data yang dimasukkan dianggap benar dan valid, selama pengguna tidak melakukan pengajuan pembatalan dan melakukan pembaruan kembali.

Dengan dicetaknya Berita Acara Pendataan ini, maka ditutup pulalah koneksi antara AFE dengan server Emis pusat. Maka dari itu, selalu lakukan pengecekan ulang dan ulang sebelum melanjutkan sebuah proses pembaruan di dalam aplikasi ini. 

Sistem informasi manajemen yang diciptakan dan diluncurkan belum lama ini, diharapkan bisa membantu pihak terkait guna memberikan data yang valid mengenai diri mereka pribadi maupun kelembagaan.

Dengan adanya Emis Pendis, diharapkan proses validasi lembaga bisa berjalan dengan lebih mudah.

baca Emis Pendis selengkapnya di :http://emispendis.kemenag.go.id/

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *