banner 728x250

SSCASN Dikdin Pengertian dan Cara Daftar

  • Bagikan
SSCASN Dikdin
SSCASN Dikdin
banner 468x60
SSCASN Dikdin
SSCASN Dikdin

Pendaftaran sekolah ikatan dinas atau yang kerap juga disebut dengan SSCASN Dikdin untuk tahun 2020 ini memang sempat ditunda karena adanya pandemi Covid-19.

Pembukaan pendaftaran yang dijadwalkan pada April kemarin, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan, menurut kabar beberapa waktu lalu.

banner 336x280

Namun ternyata ada berita baik, kabarnya pembukaan pendaftaran ini akan dibuka pada bulan Juni 2020.

Namun hanya beberapa instansi saja yang membuka sekolah pendidikan dan kuotanya pun terbatas.

Hal ini tentunya menjadi berita baik yang bisa meningkatkan semangat mengingat ada harapan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai aparatur negara.

Apa Itu SSCASN DIKDIN?

SSCASN Dikdin

Seperti yang sudah dibahas di atas, SSCASN Dikdin hampir sama dengan seleksi penerimaan aparatur sipil negara atau ASN,

Hanya saja nantinya para peserta seleksi dikdin yang lolos akan menjalani sekolah terlebih dahulu sebelum kemudian resmi diangkat menjadi ASN.

Untuk pendaftaran, sistem seleksi serta pengumuman, semuanya bisa ditilik pada situs resmi pendaftaran ini yang ada di https://dikdin.bkn.go.id

Di sana nantinya akan diumumkan secara terbuka semua peserta yang lolos dan tahapan yang harus dilalui selanjutnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar

online communication 1098 15842 1
  1. Kelengkapan Dokumen

Sama halnya dengan pendaftaran untuk apapun, dokumen adalah hal yang mutlak dan penting. Terlebih jika Anda ingin mendaftar sebagai peserta pendidikan dengan ikatan dinas ini.

Anda harus menyiapkan berkas yang diperlukan dari jauh hari agar tidak terlewat ketika tiba waktunya pendaftaran.

Dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar adalah :

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah terakhir
  • Rapor SMA atau yang sederajat
  • Pas foto terbaru
  • Berkas pendukung sesuai yang diminta oleh instansi terkait

Semua dokumen tersebut harus di-scan kemudian diunggah ke portal sscasn.bkn dengan sebelumnya membuat akun terlebih dahulu. Untuk berkas pendukung biasanya berbeda-beda, tergantung dari instansi yang dipilih. 

Itulah sebabnya, sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda berkunjung terlebh dahulu ke portal sekolah kedinasan yang Anda inginkan guna mendata dokumen pelengkap apa saja yang perlu untuk dipersiapkan sebelum pendaftaran.

  • Tentukan Minat

Jauh sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah mengetahui akan memilih instansi yang akan Anda pilih. Hal ini dikarenakan dalam satu periode pendaftaran, Anda hanya boleh memilih satu instansi saja.

Jika ternyata dalam periode tersebut Anda belum lolos, maka harus mengulang pada tahun depan atau periode selanjutnya.

Hal ini untuk meminimalisasi membludaknya pendaftar, sehingga pemilihan satu instansi akan memangkas jumlah sehingga pengumuman akan lebih cepat.

Anda juga harus teliti memilih, ada beberapa instansi yang lebih diminati dibandingkan lainnya, sehingga jumlah pendaftar tentu lebih besar.

Jika Anda siap dengan pesaing yang banyak, maka Anda bisa memilih instansi tersebut, tetapi jika tujuan akhir adalah diterima di dikdin, maka Anda bisa memilih instansi dengan probabilitas lolos yang lebih tinggi. 

Anda bisa memilih dari beberapa kementerian yang membuka seleksi pendidikan dengan ikatan dinas pada tahun 2020 seperti berikut ini :

  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Perhubungan Kementerian Hukum dan HAM
  • Badan Pusat Statistik (BPS)
  • Badan Intelijen Negara (BIN)
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
  • Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Sayangnya, untuk tahun ini, tidak ada dikdin yang dibuka oleh Kemenkeu atau kementerian keuangan yang juga membawahi STAN.

  • Sistem Seleksi

Sama halnya dengan sistem seleksi untuk CPNS atau CASN, para peserta dikdin juga akan diseleksi menggunakan tes CAT atau tes yang berbasis komputer.

Tes ini juga merupakan tes kemampuan dasar yang meliputi tiga jenis, yaitu TIU atau Tes Intelegensi Umum atau TIU, TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan serta TKP atau  Tes Karakteristik Pribadi

Semua tes ini dilakukan jika Anda sudah lolos dalam tahap penyeleksian dokumen yang sudah dilakukan sebelumnya. Untuk pelaksanaan seleksi dikdin juga dapat dilihat melalui portal sscasn.bkn yang infonya akan terus diperbarui secara berkala.

  • Mengisi Data

Selain mengunggah dokumen, Anda juga harus mengisi formulir yang berisi data. Anda harus mengisi data sesuai dengan dokumen yang akan Anda unggah. Pastikan semua informasi yang Anda berikan benar dan sesuai. Hal ini adalah salah satu poin penting penentu keberhasilan Anda dalam tahap penyeleksian dokumen. 

Lakukan pengecekan beberapa kali sebelum Anda yakin mengirimkannya. Sebab, jika terjadi kesalahan tulis, namun formulir sudah terlanjur diunggah, maka tidak dapat dibatalkan.

Alur Pendaftaran

  1. Membuat Akun

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs sscasn.bkn. Di sana Anda akan melakukan pendaftaran NIK dan nomor KK serta mengisi data-data yang ada di dalam kolom yang sudah tersedia. Ikuti semua petunjuk yang tertera di layar hingga Anda bisa mencetak KIA atau Kartu Informasi Akun. 

  • Pendaftaran Dikdin

Melalui portal sscasn.bkn, Anda bisa memilih opsi laman sekolah kedinasan yang Anda inginkan. Nantinya Anda akan langsung dihubungkan dengan portal dikdin guna melakukan login sesuai dengan KIA yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Pada laman dikdin inilah Anda melakukan login dengan memasukkan NIK dan kata kunci yang sudah Anda set dan daftarkan pada langkah sebelumnya. Di sini Anda juga harus mengunggah beberapa dokumen.

Setelah pengunggahan dokumen, Anda akan diarahkan untuk memilih sekolah kedinasan yang Anda inginkan. Di sana nanti Anda akan memilih jenis formasi, jurusan, lokasi formasi, lokasi tes, serta data lainnya yang diperlukan. Jika semua tahapan sudah berhasil, Anda akan mendapatkan cetakan Kartu Pendaftaran SSACN Dikdin yang sudah menggunakan tanda tangan digital terverifikasi.

  • Pembayaran

Setelah melalui proses pendaftaran yang panjang, nantinya pada tanggal yang ditentukan akan diumumkan peserta yang lolos verifikasi dokumen. Jika Anda termasuk di dalamnya, Anda akan mendapatkan kode billing yang akan berguna ketika proses pembayaran ujian.

Besarnya biaya pendaftaran serta alur pembayaran berbeda, tergantung dari instansi yang Anda pilih. Setelah selesai melakukan pembayaran, Anda harus kembali ke portal sscasn.bkn dan melakukan verifikasi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kartu ujian beserta dengan tanggal dan lokasi ujian.

Kartu tersebut harus Anda simpan dengan baik karena akan menjadi tanda Anda untuk boleh mengikuti tes CAT. Jika ternyata kartu Anda hilang, Anda dapat mengkonfirmasi ke portal dan melakukan cetak ulang.

  • Simpan Semua Berkas

Sebelum Anda melalui semua tahapan dan juga dinyatakan lolos, simpan semua berkas yang Anda miliki. Baik itu berkas pendaftaran maupun pembayaran. Sifat dari anjuran ini adalah untuk berjaga-jaga, sehingga Anda memiliki back up jika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya, kehilangan kartu atau kesalahan login.

Pengumuman mengenai resmi dibukanya SSCASN Dikdin akan diberitahukan pada tanggal 1 Juni 2020 di portal resmi sscasn.bkn. Sedangkan untuk pembukaan pendaftarannya akan berlangsung pada tanggal 8 Juni 2020 hingga 23 Juni 2020. 

Pendidikan dengan ikatan dinas ini merupakan salah satu lowongan untuk menjadi aparatur negara yang tidak pernah sepi peminat. Anda akan bersaing dengan ribuan orang lainnya yang juga mempunyai keinginan yang sama. Persiapan dan juga doa adalah usaha utama agar bisa melalui serangkaian tes dengan baik.

baca selengkapnya di :
https://dikdin.bkn.go.id

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *