banner 728x250

Sistem Manajemen PDUN

  • Bagikan
Sistem Manajemen PDUN
Sistem Manajemen PDUN
banner 468x60
PDUN
PDUN

Pada tahun 2018 dunia pendidikan meluncurkan sebuah aplikasi baru yakni sistem manajemen PDUN. Sistem ini berbasis web yang bisa diakses secara online.

Adanya sistem PDUN membuat banyak pihak operator sekolah yang cukup terbantu terkait pengumpulan data peserta UN (Ujian Nasional).

banner 336x280

Pasalnya dengan menggunakan sistem PDUN data yang dihasilkan bisa lebih akurat dan tepat waktu.

PDUN sendiri jika didefinisikan secara umum merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat kumpulan data calon peserta UN dari berbagai sekolah.

Untuk bisa mengakses aplikasi PDUN maka para operator sekolah diharuskan memiliki username dan password akun dapodikdasmen.

Seputar Manajemen PDUN

Sistem Manajemen PDUN 3

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sistem PDUN memiliki fungsi dasar pengecekan terhadap data dari para calon peserta UN yang telah terdaftar.

Dari sini para operator sekolah harus melakukan penyesuaian data atau verifikasi data yang ada pada sistem PDUN dengan data yang telah dibenarkan.

Setiap data yang ada pada sistem ini jika telah diverifikasi kebenarannya maka operator sekolah harus menyalin atau mengconvert file yang tersebut ke dalam format file DZ.

File DZ yang telah terunduh nantinya bukan untuk dibuka secara pribadi oleh pihak sekolah akan tetapi harus diupload pada laman Bio UN.

Jika terjadi kesalahan data para calon peserta UN, maka operator sekolah bertanggung jawab penuh untuk melakukan perbaikan data ini terlebih dahulu sebelum diubah ke file DZ dan dilakukan proses upload ke Bio UN.

Adapun untuk melakukan perbaikan data para calon peserta UN operator sekolah harus masuk ke aplikasi verval PD atau ke sistem dapodikdasmen.

Panduan Verifikasi dan Validasi Manajemen PDUN

Sistem Manajemen PDUN 4

Operator sekolah yang mengurus pendaftaran dan pendataan calon peserta UN memiliki tanggung jawab besar terkait data peserta UN.

Setiap data calon peserta UN harus dipastikan dahulu apakah memang sudah valid sesuai sumber atau belum. Karenanya dibutuhkan ketelitian saat melakukan proses verifikasi data ini.

Para operator sekolah dituntut untuk paham betul bagaimana proses verifikari data dilakukan.  Di bawah ini bisa Anda simak poin penjelasan terkait panduan melakukan verifikasi dan validasi manajemen PDUN yang dilakukan melalui laman resmi PDUN.

Sehingga nantinya Anda bisa memproses data calon peserta UN sesuai langkah yang benar dan diharapkan tidak terjadi kesalahan yang akan membebankan Anda.

  1. Masuk ke laman resmi PDUN

Tahapan awal yang harus Anda lakukan adalah masuk ke laman resmi PDUN. Jangan sampai salah masuk ke link lain ya. Link PDUN yakni http://pdun.data.kemendikbud.go.id/ .

Dari laman ini Anda bisa melakukan pengecekan atau akses data calon peserta UN untuk tahun pelajaran 2019-2020.

Baik itu calon peserta UN tingkat sekolah dasar, SMP, maupun SMA dan SMK. Satu hal lagi jangan sampai terlupakan bahwa device Anda harus tekoneksi dengan internet mengingat laman ini adalah laman web online.

  • Login

Setelah Anda masuk pada laman url yang telah dijelaskan pada tahap awal di atas maka Anda akan secara langsung melihat tampilan form login. Anda diharuskan mengisinya dengan username dan password dapodik milik sekolah.

Namun jika Anda lupa dengan username maupun passwordnya maka Anda bisa menggunakan alternative login yang ada tepat di bawah form pengisian username dan password tersebut, yakni dengan mengisikan kode registrasi dapodik sekolah Anda. Setelah itu klik tombol login.

  • Masuk laman menu utama

Setelah anda mengisikan data login secara valid maka Anda akan diarahkan pada halaman menu utama yang berisikan 3 menu yaitu menu beranda, menu calon peserta UN, dan menu logout. Selain itu secara default Anda akan masuk pada halaman beranda.

Di halaman ini Anda bisa melihat informasi pengguna. Dalam hal ini penggunanya adalah Anda sebagai operator sekolah.

Informasi ini berupa form yang berisikan nama peran, nama sekolah, nama Anda, NIP/NIM, jabatan Anda, YM, skype, alamat, wilayah, nomor telepon, dan nomor handphone.

  • Masuk pada laman menu calon peserta UN

Pada menu CPUN ada beberapa aksi menu yang harus Anda pahami betul. Beberapa aksi tersebut merupakan tools yang akan membantu Anda melakukan verifikasi data calon peserta UN.

Namun sebelum masuk pada panduan menu aksi, terlebih dahulu Anda harus memastikan beberapa data CPUN yang terdiri dari nama, jenis kelamin, NISN, jenjang, nomor seri ijazah, SKHUN, NIS, dan lain sebagainya.

Setelah data telah Anda lihat dan Anda teliti maka Anda perlu masuk pada beberapa menu aksi yang tepat berada di atas menu ini.

  • Masuk menu aksi pengaturan kursi

Menu aksi yang harus Anda kunjungi pertama kali adalah aksi pengaturan kursi atau pengaturan nomor kursi. Di sini Anda harus menentukan nomor rombel para CPUN yang ada pada data.

Tahapan yang harus Anda lakukan untuk melakukan aksi ini adalah dengan memilih menu aksi atau mencentang menu aksi pengaturan kursi terlebih dahulu.

Dilanjutkan dengan tahap kedua yakni dengan klik bagian nomor rombel yang akan diatur. Setelah itu Anda bisa memilih nomor rombel yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Pastikan untuk selalu menekan tombol simpan pada bagian atas aksi ini usai Anda mengisikan nomor urut rombel CPUN. Lakukan tahapan ini untuk semua data CPUN.

Jika ada satu saja data CPUN yang tidak diisikan nomor urut rombelnya, maka kemungkinan besar ketika Anda membuka file data dalam bentuk excel akan terjadi error atau file tidak bisa terbuka.

  • Masuk menu unduh file CPUN   

Jika menu aksi pengaturan kursi telah Anda lakukan dengan benar dan lengkap maka tahapan selanjutnya Anda sudah bisa mengunduh file CPUN yang nantinya akan berbentuk format DZ.

File ini nantinya ketika terunduh akan memilliki nama file yang berakhiran huruf DZ. File DZ tidak perlu Anda buka. Anda hanya perlu melaporkan atau mengirimkannya pada pihak panitia UN kabupaten/ kota.

-Namun secara umum file DZ bisa langsung Anda upload pada laman bio UN online.  

  • Masuk menu unduh file ke excel

Sedikit berbeda dengan menu aksi sebelumnya. Jika menu aksi sebelumnya Anda akan diarahkan pada proses unduhan file dalam format DZ maka kali ini Anda bisa mengunduh atau download file CPUN dalam bentuk excel.

  • Masuk menu unduh berita acara

Pada menu unduh berita acara Anda bisa mengunduh lampiran pernyataan resmi yang berisi serangkaian data terverifikasi. File ini nantinya akan memiliki format pdf.

Selain itu pada file berita acara terdapat lampiran serah terima lengkap dengan kolom tanda tangan dari kepala sekolah yang siap dilaporkan pada kepala panitia UN.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas sudah jelaslah bahwa aplikasi atau sistem manajemen PDUN diadakan guna mempermudah proses verfikasi data CPUN.

Karena dilakukan oleh sistem, maka diharapkan setiap data yang terverifikasi bisa menghasilkan data yang benar-benar akurat. Pengumpulan data juga bisa terkoordinasi dengan tepat dan efisien.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *