banner 728x250

Sistem Manajemen BIOUN Jenjang SMP

  • Bagikan
Sistem Manajemen BIOUN Jenjang SMP
Sistem Manajemen BIOUN Jenjang SMP
banner 468x60
BIOUN
BIOUN

Saat ini dunia pendidikan di Indonesia sudah mulai mengikuti kemajuan teknologi dalam beberapa hal yang terkait dengan bidang manajemennya. Baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA serta perguruan tinggi.

Salah satu bentuk manajemen pendidikan Indonesia yang sudah mengikuti kemajuan jaman bisa dilihat dari adanya sistem BIOUN. Sebagai contohnya adalah BIOUN SMP.

banner 336x280

Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP tahun pelajaran 2019-2020 memang diperkirakan masih lama.

Namun mulai dari sekarang para tenaga pendidik tingkat SMP sudah mulai digencarkan untuk melakukan manajemen data calon peserta ujian nasional.

Pendataan dilakukan melalui sebuah sistem terpadu yang tak lain adalah BIOUN.

Bagaimana Tahapan Masuk Ke Laman BIOUN SMP?

BIOUN 2

Sebagai operator sekolah yang menangani proses pendataan CPUN tingkat SMP Anda diharuskan tahu bagaimana memanajemen data pada sistem online

Karenanya bagi Anda yang masih baru dengan sistem ini dan belum begitu paham dengan manajemen data online via BIOUN maka berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa tahapan panduan masuk ke laman BIOUN SMP :

Buka link resmi BIOUN jenjang SMP

Alamat atau link dari BIOUN tingkat SMP bisa Anda akses melalui alamat http://biounsmp.kemendikbud.go.id.

  • Masuk halaman login

Setelah Anda berhasil masuk ke laman maka secara otomatis sistem akan menampilkan halaman form untuk login.

Form yang harus Anda isi meliputi nama pengguna, atau nama user, kata kunci, dan kode keamanan. Untuk nama user beserta kata kunci yang harus dimasukkan ini sumber datanya berasal dari KKDatadik Disdik kabupaten/ kota atau provinsi setempat.

Sedangkan kode keamanan yang harus Anda masukkan biasanya memiliki format kombinasi antara angka dan huruf dari sistem captcha.

  • Masuk laman

Jika semua data form login yang harus diisikan sudah terisi lengkap maka Anda bisa klik tombol masuk. Jika berhasil Anda akan dihadapkan pada tampilan beranda.

Namun jika gagal maka kemungkinan terdapat kesalahan data yang harus Anda masukkan saat login.

Bagaimana Tahapan Pengunduhan DNS CPUN SMP Melalui BIOUN?

BIOUN 3 1

Proses manajemen BIOUN menjadi proses akhir setelah verifikasi data yang dilakukan melalui laman sistem PDUN. Operator yang melakukan verifikasi data dari PDUN diharuskan mengupload data CPUN dalam format DZ.

Format DZ tersebut lantas diupload pada laman sistem. Dari laman BIOUN file tersebut akan diunduh untuk dicetak. Data tersebut dinamakan DNS.

DNS memiliki kepanjangan Daftar Nominasi Sementara. Nominasi yang dimaksud di sini adalah nama-nama siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Data DNS tidak akan bisa muncul jika file DZ dari laman sistem PDUN yang tidak diupload ke BIOUN.

Untuk itu pastikan bahwa tiap operator sekolah yang memiliki akses manajemen sistem PDUN telah melakukan proses upload file DZ .

File DNS yang ada pada sistem BIOUN harus dicetak. Untuk mencetaknya ada tahapan-tahapannya.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara cetaknya, maka berikut di bawah ini bisa Anda simak panduannya sesuai urutan :

Masuk laman sistem BIOUN jenjang SMP dan login

Setiap Anda ingin melakukan manajemen data CPUN melalui sistem BIOUN Anda harus masuk ke laman resmi sistem ini lebih dulu,  yaitu http://biounsmp.kemendikbud.go.id.

Saat masuk laman ini Anda akan langsung disambut dengan form login yang berisi nama user, password, serta kode keamanan yang berupa captcha.

  • Masuk menu beranda

Setelah username dan password serta kode kemanan yang Anda isikan sudah berhasil membuat Anda masuk laman sistem, maka tampilan default yang akan Anda lihat adalah beranda web

Ada beberapa menu dalam sistem BIOUN ini, tepatnya di bagian samping kiri laman beranda. Bagian paling bawah ada menu report yang harus Anda pilih.

  • Masuk menu report

Saat masuk ke menu report akan ada beberapa aksi pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan manajemen data yang akan Anda lakukan.

Dalam hal ini Anda bisa memilih ‘daftar calon peserta ujian nasional (DNS) yang berada di bawah tulisan menu pilihan ‘lainnya’.

  • Masuk halaman menu calon peserta ujian nasional (DNS)

Dalam halaman menu calon peserta ujian nasional (DNS) Anda akan dihadapkan pada tampilan form yang beberapa poinnya harus Anda isi sesuai dengan data real.

Data yang pertama harus Anda atur adalah memasukkan dinas kota/ kabupaten di tempat Anda. Yang kedua memilih pilihan tempat cetak, tepatnya nama kecamatan.

Selanjutnya masukkan tanggal cetak DNS yang sesuai dengan waktu yang Anda inginkan untuk melakukan cetak. Next centang bagian tanda tangan dan bagian nama sekolah. Langkah terakhir download file DNS dalam format PDF.

Alur Jadwal Pendataan CPUN 2019-2020

Agar manajemen pendataan CPUN bisa dilakukan tepat waktu maka Anda perlu tahu alur jadwal proses pendataan CPUN secara menyeluruh. Di bawah ini merupakan jadwal pendataan calon peserta ujian nasional untuk tahun ajaran 2019-2020 :

  1. Penyerahan DCP

Proses penyerahan DCP ini dilakukan dengan batas akhir waktu 15 Desember 2019. Prosesnya akan dilakukan oleh pihak satuan pendidikan ke kabupaten/ kota/ provinsi.

  • Verifikasi, validasi, distribusi, dan pencetakan file DNS

Proses yang berkaitan dengan file DNS ini akan dilakukan oleh pihak kota/ kabupaten/ provinsi ke pihak satuan pendidikan dengan batas waktu 31 Desember 2019.

  • Cetak dan distribusi data DNT dan KPU

Proses ini dilakukan dalam kurun waktu hingga 31 Januari 2020 (khusus jenjang SMP) yang akan dilakukan oleh pihak tingkat provinsi masing-masing sekolah.

  • Pemeliharaan tingkat provinsi

Pemeliharaan provinsi adalah segala aktivitas pendataan yang telah didistribusikan ke tingkat provinsi. Pemeliharaan data oleh pihak provinsi dilakukan dengan batas waktu hingga 17 Februari 2020.

  • Pemeliharaan tingkat pusat

Sama halnya dengan definisi pemeliharaan data tingkat provinsi, pemeliharaan tingkat pusat ini juga merupakan proses manajemen data oleh pihak pusat yang mana telah melalui beberapa proses pengolahan data dari beberapa tingkat di bawahnya. Bisa dibilang proses di tingkat pusat ini adalah proses akhir atau finishing data.

Proses pemeliharaan data oleh pihak pusat ini dilakukan dalam kisaran waktu yang dimulai pada 18 Februari 2020 hingga proses selesai.

Kesimpulan

Sistem BIOUN SMP dianggap sebagai proses akhir yang dilakukan oleh sistem sebelum diserahkan pada pihak atas atau pihak pusat yang akan melakukan peresmian data CPUN.

Dengan menggunakan sistem BIOUN, khususnya untuk tingkat pendidikan SMP, maka diharapkan setiap operator sekolah tingkat SMP bisa terbantu dengan mudah dalam mengumpulkan dan mendistribusikan data calon peserta ujian nasional yang ada di lingkup sekolahnya.

Seperti yang telah dijabarkan pada poin-poin penjelasan di atas bahwa sistem ini tergolong merupakan sistem yang tidak rumit dipahami apalagi menu yang ada di dalamnya tidak banyak.

Sehingga akan semakin memudahkan pihak-pihak pengolah data CPUN. Adapun link akses BIOUN SMP berbeda dengan link BIOUN jenjang pendidikan lainnya.

baca selengkapnya di website : http://biounsmp.kemendikbud.go.id.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *