banner 728x250

Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan

  • Bagikan
Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan
Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan
banner 468x60
EMIS
EMIS

Semakin hari semakin canggih teknologi dalam berbagai bidang yang mulai dibangun. Hal ini tidak terkecuali dengan praktik pembangunan teknologi dalam dunia pendidikan.

Salah satu contoh wujud semakin berkembangnya teknologi dalam dunia pendidikan adalah kemunculan sebuah sistem informasi kemudahan pada lembaga pendidikan Islam yang sering dikenal dengan sebutan EMIS madrasah.

banner 336x280

Sebagian besar Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah EMIS. Namun bagi Anda yang masih terbilang baru menapaki dunia kerja di lembaga madrasah, istilah ini masih harus dipelajari dengan baik.

Sehingga Anda pun bisa mengaplikasikannya sesuai dengan fungsi dan tahapan penggunaan yang baik dan benar.

Apa Itu EMIS Madrasah?

Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan 2

EMIS merupakan singkatan dari Education Management Information System. Dari istilah kepanjangannya saja mungkin sekilas Anda sudah mengetahui bahwa sistem yang disebut dengan ini merupakan jenis sistem yang akan membantu memudahkan informasi dan manajemen pendidikan. Khususnya untuk pendidikan madrasah.

EMIS madrasah juga diartikan sebagai sebuah metode yang bersifat formal dan memiliki keefektifan dalam hal waktu dan keakuratan untuk melakukan manajemen perencanaan, pengambilan keputusan, dan manajemen pendidikan madrasah lainnya.

Adanya sistem ini membawa kemudahan bagi setiap bagian manajemen madrasah yang ada di Indonesia. Kemudahan yang dimaksudkan di sini adalah kemudahan dalam pelaporan kemajuan atau perkembangan madrasah yang bersangkutan.

Selain itu sistem yang berjalan di bawah naungan kemenag ini terbilang sangat efektif untuk melakukan input data madrasah.

Apa Tujuan EMIS Sebagai Sistem Manajemen Madrasah?

Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan 3

Pada dasarnya dibangunnya sebuah sistem sudah tentu memiliki tujuan dan maksud tertentu. Beberapa tujuan tersebut biasanya menjadi dasar mengapa sebuah sistem itu dibangun.

Tidak terkecuali dengan sistem EMIS. Dalam praktiknya sistem memiliki tujuan tertentu yang dirangkum dalam beberapa poin tujuan. Apa sajakah itu? Berikut di bawah ini adalah beberapa tujuan EMIS secara mendasar :

  1. Sumber Data Dasar

Tujuan Emis yang pertama adalah untuk menjadi penyedia data dasar yang kemudian bisa digunakan dalam penyelenggaraan beberapa manajemen pendidikan madrasah seperti pengembangan proyek, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan perencanaan penyelenggaraan pendidikan.

  • Membantu Pimpinan

Setiap pimpinan dalam melakukan manajemen pendidikan tentu membutuhkan update data terbarukan yang mungkin dalam pelaksanaannya harus dilakukan lebih efektif. Hal ini memiliki tujuan untuk memudahkan tugas pimpinan dalam memanajemen data terbaru baik dalam lingkup regional maupun nasional menggunakan metode yang lebih efektif.

  • Percepatan Otonomi Daerah

EMIS dibangun juga atas dasar membantu proses otonomi daerah dalam hal pendidikan. Pada dasarnya EMIS juga bisa menjadi sumber data untuk melakukan perbaikan sistem manajemen pendidikan madrasah yang bersangkutan. Karenanya EMIS ada untuk memudahkan langkah otonomi daerah bidang pendidikan tersebut.

Dalam hal ini ada 4 aspek mendasar EMIS yakni aspek kesetaraan, kualitas, efisiensi, dan efektivitas.

  • Menjadi Penguat Kemampuan Kanwil & Kandepag

Setiap kanwil atau kandepag tentu memiliki tugas dalam pemenuhan data bagian-bagian yang ada di bawahnya. Pemenuhan data tersebut berasal dari pengajuan terhadap pimpinan pusat.

Untuk memperoleh data dari pusat tersebut setiap kanwil atau kandepag diharuskan memiilki dasar yang cukup kuat. Sehingga informasi data pun bisa diperoleh dengan baik.

Dengan adanya EMIS maka kanwil dan pandepag pun bisa lebih kuat dasarnya dalam pengajuan data informasi kepada pimpinan pusat. Informasi pun bisa diperoleh dengan mudah dan efektif.

  • Menjadi Penilai

Tujuan selanjutnya dari sistem EMIS ini tak lain adalah untuk memudahkan pimpinan dalam melakukan penilaian dari pencapaian kinerja pendidikan di berbagai madrasah yang ada. 4 aspek yang menjadi dasarnya adalah aspek quality, equity, effectiveness, dan efficiency.

  • Memudahkan Tugas Kontrol KEMENAG

EMIS yang dibangun dan telah digunakan di seluruh madrasah yang ada di Indonesia juga memiliki tujuan untuk memudahkan pihak kemenag.

Dalam hal ini kemenag sendiri memiliki tugas untuk memantau atau mengontrol seluruh madrasah yang ada dengan menggunakan sumber data terpercaya dari masing-masing madrasah.

Dengan adanya EMIS madrasah maka kemenag tidak harus menelusuri satu persatu madrasah yang ada di Indonesia. Kemenag cukup mengandalkan informasi data yang sudah terupload di sistem EMIS.

Poin Apa Saja yang Perlu Diupdate Pada EMIS?

Sistem Informasi EMIS Sebagai Manajemen Pendidikan Islam yang Memudahkan 4

Keberadaaan EMIS sebagai sarana data informasi madrasah di seluruh Indonesia memang sudah diakui dapat menjadi jembatan kemudahan bagi banyak pihak manajemen pendidikan.

Tidak terkecuali bagi operator madrasah yang memang memiliki tugas untuk input atau update data mutakhir dari madrasah yang bersangkutan ke dalam sistem EMIS.

Namun ternyata belum semua operator madrasah mengetahui data apa saja yang harus diupdate dan harus diinput ke dalam sistem EMIS.

Bagi Anda yang belum tahu atau belum paham dengan jenis data apa saja yang perlu diupdate, maka berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa poin penjelasannya :

  1. Proses KBM dan Data Kelembagaan

Untuk bisa update data ini maka Anda bisa memilih menu kelembagaan yang di dalamnya ada beberapa sub menu. Diantara sub menu yang harus Anda update adalah profil lembaga, rekap GTK, rekap siswa, proses KBM, dan keuangan serta bantuan.

  • Data Sarpras

Data sarpras juga tidak kalah penting untuk diupdate. Beberapa hal yang harus Anda update terkait data sarpras ini antara lain kepemilikan tanah, rincian terkait data ruangan, data kelistrikan yang tersedia, ketersediaan sumber air sanitasi, sumber jaringan internet, dan sarana prasarana yang menjadi pendukung sistem pembelajaran.

Dalam hal data sarpras memang sistem yang dibuat juga sudah menyadari bahwa tidak semua madrasah memiliki data yang ada pada poin-poin tersebut.

Karenanya sebagai operator madrasah, Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan madrasah yang bersangkutan dengan tidak harus mengisikan semua datanya. Alias berdasarkan keadaan real.

  • Data Siswa

Beberapa hal yang berkaitan dengan pengisian data siswa adalah seperti data siswa yang belum tercatat dalam database. Selanjutnya ada data siswa mutasi keluar. Dalam hal ini madrasah asal harus menghubungi madrasah tujuan guna melakukan penerimaan siswa dengan sistem yang ada. 

Selain itu data siswa yang tercantum secara double atau ganda harus dihapus salah satu datanya yang sama. Dan yang terakhir adalah tahap pengubahan profil siswa jika diperlukan.

  • Data GTK

Poin dari data GTK yang harus diisikan atau diupdate pada sistem ini tidak kalah banyak dibandingkan dengan data siswa.

Diantara poin yang harus diupdate adalah informasi pribadi, keaktifan, data pegawai PTK, kualifikasi pendidikan PTK, riwayat inpassing, aktifitas pendidik, sertifikasi pendidik, nomor register guru, tunjangan, penghargaan, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dalam hal manajemen madrasah di seluruh Indonesia memang harus dilakukan secara serempak agar setiap madrasah juga mendapatkan hak yang sama jika nantinya dilakukan proyek pengembangan madrasah.

EMIS madrasah menjadi salah satu jawaban dari tindakan manajemen madrasah yang terpadu. Selain itu pimpinan pusat juga akan terbantu dalam melakukan kontrol madrasah.

baca selengkapnya di :
https://emis.kemenag.go.id

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *