banner 728x250

SISPENA : Pengertian, Fungsi, Solusi Jika Tidak Bisa Akses

  • Bagikan
SISPENA : Pengertian, Fungsi, Solusi Jika Tidak Bisa Akses
SISPENA : Pengertian, Fungsi, Solusi Jika Tidak Bisa Akses
banner 468x60
Kids using tablet during lesson Premium Photo
SISPENA

Salah satu yang menjadi tolak ukur sebuah sekolah bagus atau tidak adalah dengan adanya akreditasi. Sistem penilaian ini menunjukkan seberapa jauh sekolah yang bersangkutan dapat menyesuaikan dengan standar nasional.

Untuk itulah diadakan SISPENA atau sistem informasi untuk penilaian akreditasi sekolah.

banner 336x280

Sistem ini berbasis web dan dapat diakses oleh semua tingkat sekolah, mulai paud, sd, smp, sma dan semua tingkat yang sederajat.

Untuk mengakses sistem ini pun sangat mudah, bisa menggunakan komputer maupun melalui telepon pintar.

Apa Itu SISPENA?

SISPENA
SISPENA

Sistem ini berbentuk sebuah aplikasi yang pengelolaannya diawasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah (BAN S/M).

Aplikasi ini tidak hanya bisa diakses oleh satu pihak saja, yaitu sekolah, saja. User atau pengguna dari aplikasi ini dibagi menjadi empat tingkatan.

  • Tingkatan pertama adalah pihak sekolah. Semua sekolah yang terdaftar di kemendikbud bisa dan wajib menjadi user dan mengunggah informasi terkait sekolahnya agar bisa sesuai dengan standar nasional.
  • Tingkatan kedua adalah Assesor
  • Tingkatan ketiga adalah PAP
  • Tingkatan keempat dan yang memiliki akses penuh adalah Admin

Manfaat SISPENA

SISPENA Pengertian Fungsi Solusi Jika Tidak Bisa Akses
  1. Pendataan

Ada ratusan ribu sekolah, baik dari tingkat paud hingga SMA yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak sekolah, tentunya dibutuhkan pengawasan dan pendataan agar semua sekolah mendapatkan perhatian yang sama rata dan adil.

Dengan adanya sistem ini, pemerintah daerah dan kabupaten bisa mengetahui data sekolah, sehingga memudahkan ketika membutuhkan bantuan atau informasi mengenai sekolah tersebut.

  • Pengiriman Dokumen

Dalam era digitalisasi sekarang ini, maka semuanya membutuhkan akses yang cepat, begitu pula dengan sekolah dan pemerintah. Dengan adanya aplikasi ini maka memudahkan ketika pusat membutuhkan data sekolah. Semua sudah tersedia di dalam bank data sistem tersebut.

Keuntungan dari pihak sekolah adalah tidak perlu lagi keluar dari gedung sekolah hanya untuk mengantarkan dokumen. Semuanya bisa dikirim secara instan dengan mengunggahnya di dalam laman sistem.

  • Akreditasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, semua sekolah diharapkan dapat mengikuti standar yang ditetapkan secara nasional. Hal ini dibutuhkan agar akses pendidikan yang diterima oleh pusat dan daerah bisa seimbang. Untuk mengawasi hal ini tentunya dibutuhkan akreditasi.

Penilaian dengan sistem akreditasi ini juga memacu pihak sekolah untuk bisa lebih baik, dalam sistem maupun dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari. Akreditasi yang tercapai bukan hanya menaikkan mutu dan gengsi sekolah, tetapi diharapkan juga dapat meningkatkan output pendidikan sekolah tersebut.

  • Penilaian Otomatis

Jika dulu, sebelum adanya aplikasi ini, sekolah harus menunggu hasil akreditasi hingga beberapa waktu lamanya sejak memasukkan data. Namun, berkat aplikasi yang terus diperbarui, penilaian bisa dilakukan secara otomatis yang artinya bisa menghemat waktu dan tenaga.

Sistem akan menilai secara langsung sekolah tersebut setelah semua data yang dibutuhkan sudah rampung diunggah. Hasilnya juga langsung bisa dilihat di dalam laman sistem tersebut.

Masalah Dalam Akses SISPENA dan Solusinya

  1. Kesulitan Akses

Sistem penilaian akreditasi ini merupakan sistem yang dilakukan dengan cara daring. Pengawasan tertinggi berada di tingkat admin, yang memiliki kewenangan guna mengatur dan memelihara sistem dari bug dan semacamnya. Sedangkan tingkat sekolah merupakan user yang paling banyak mengakses sistem.

Bisa dibilang bahwa satu sistem ini diakses oleh ratusan ribu pengguna setiap harinya, terutama ketika musim akreditasi tiba. Hal ini menyebabkan lalu lintas sistem menjadi penuh yang seringkali berakibat pada laman yang lemot dan susah dibuka.

Guna mengatasi masalah ini, maka setiap pengguna harus memahami jadwal tiap zona yang sebenarnya sudah dibagi sebelumnya. Dengan mematuhi giliran masuk, maka arus trafik bisa sedikit berkurang sehingga laman tidak down karena terlalu padat.

Namun, ada kalanya sistem penjadwalan tidak bisa dijalankan maksimal. Solusi lainnya adalah dengan mengakses situs pada jam yang sekiranya lowong. Tentunya butuh pengorbanan untuk melakukan ini, karena biasanya situs lengang pada dini hari maupun ketika jam istirahat kantor.

  • Kesulitan Login

Setiap user yang masuk pertama kali ke dalam SISPENA akan mendapatkan kata kunci yang dipilihkan oleh sistem secara otomatis atau default, yaitu dengan nomor NPSN. Ketika melakukan login melalui yang kesekian kal, kadangkala ada kendala yaitu nama pengguna dan kata kunci tidak dapat dimasukkan karena terjadi kesalahan.

Ada beberapa kemungkinan hal tersebut terjadi, hal yang pertama memang karena sedang ada kesalahan teknis, kedua mungkin saja kata kunci dan nama pengguna diubah dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan beberapa kemungkinan lain.

Maka dari itu, sesuai petunjuk teknis dari BAN SM, ada baiknya Anda mengganti nama pengguna atau user dan juga kata kunci atau password Anda. Gunakan nama yang akrab dengan sekolah sehingga semua pengakses dari sekolah yang sama tidak perlu kebingungan dan dapat mengingat dengan mudah. 

  • Akses Ditutup

Dilansir dari beberapa komentar, ada juga masalah ketika akan login yang berbunyi, “Akses login Sekolah di provinsi ……… sedang ditutup.” Ada beberapa kemungkinan masalah ini muncul.

  • Wilayah dari pengakses belum masuk ke dalam sistem
  • Tidak sesuai dengan jadwal pengerjaan akreditasi

Solusi dari masalah ini adalah dengan menanyakan hal tersebut langsung kepada asesor di atas pengakses, dalam hal ini adalah admin kabupaten maupun kotamadya yang menaungi pengakses tersebut. Hal ini memang sering muncul namun bukan masalah yang besar. Komunikasi adalah kunci agar semua jadwal dapat berjalan dengan baik. 

  • Silakan Coba Lagi

Masalah lain yang kerap muncul ketika akan masuk ke dalam aplikasi adalah ketika terjadi kesalahan dan Anda diminta untuk melakukan login sekali lagi. Jika hal ini terjadi, pastikan nama pengguna dan kata kunci yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan nama serta kata kunci yang Anda daftarkan.

https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login2

Atau jika semuanya sudah benar, pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat. Sebab, ketika trafik di dalam aplikasi sedang padat, pemuatan laman seringkali menjadi lebih lambat dari biasanya dan dibutuhkan koneksi internet yang cepat dari pengakses. 

  • Lupa Kata Kunci

Jika ini terjadi, tentu bukan merupakan kesalahan teknis dari sistem melainkan dari pengakses tersebut. Jika benar-benar tidak bisa mengingat kata kunci yang harus dimasukkan, Anda dapat menggunakan fitur reset kata kunci yang nantinya bisa diakses melalui alamat surel yang digunakan untuk pendaftaran.

  • Under Maintenance

Jika muncul kata-kata tersebut di atas, maka trafik server sistem memang sedang sangat padat. Hal ini lumrah, terutama ketika hari-hari terakhir pendataan berakhir. Guna mengatasinya, Anda bisa menutup sejenak laman dan mengaksesnya setelah beberapa saat.

Waktu untuk pemeliharaan semacam ini tidak bisa dipastikan, bisa cepat bisa juga agak lambat. Semua tergantung dari admin yang melakukan perbaikan. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pengecekan laman secara berkala beberapa kali hingga bisa diakses kembali.

Melakukan akreditasi merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itulah diciptakan aplikasi SISPENA yang memudahkan pendataan dan pengiriman dokumen secara daring. Sebagai pengguna tingkat sekolah, kotamadya maupun tingkatan lainnya, ada baiknya mempersiapkan berkas yang diperlukan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran dan pengunggahan data.

https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login2

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *