banner 728x250

SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya

  • Bagikan
SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya
SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya
banner 468x60
SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya
SISPENA PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini atau yang disingkat dengan PAUD merupakan tingkat pendidikan yang paling krusial. Hal ini dikarenakan pada usia emas tersebut segala yang mendasar ditanamkan sekaligus dikembangkan. Maka dari itulah dibutuhkan akreditasi pada sekolah PAUD melalui

Maka dari itulah dibutuhkan akreditasi pada sekolah PAUD melalui SISPENA PAUD guna mendata dan meratakan kualitas dengan standar nasional.

banner 336x280

Instrumen akreditasi yang ada di dalam SISPENA 1.0 telah diperbarui dan sekarang menggunakan SISPENA 2.0. Semua lembaga PAUD yang sudah melakukan akreditasi pada SISPENA 1.0 harus melakukan registrasi ulang ke dalam SISPENA 2.0.

Apa itu SISPENA PAUD?

SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya 3 2

Sistem ini adalah aplikasi akreditasi yang ditujukan untuk lembaga yang menangani anak usia dini. Pada dasarnya hal yang menjadi dasar lembaga PAUD maupun PNF atau pendidikan non formal dikatakan layak sudah diatur dan ditetapkan sebagai standar nasional.

Guna bisa mencapai standar ini maka setiap PAUD dan TK serta PNF harus menyiapkan berbagai berkas yang kemudian harus diunggah ke dalam situs SISPENA.

Sebelumnya pengakses, dalam hal ini lembaga PAUD-TK dan PNF harus membuat akun terlebih dahulu sebelum melengkapi berkas yang diperlukan.

Persiapan SISPENA PAUD 2.0

Simulasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada bagian di atas, semua lembaga yang sudah memasukkan EDS atau Evaluasi Diri Satuan pada SISPENA 1.0 harus kembali memasukkan EDS-nya pada SISPENA 2.0.

Namun sayangnya, versi 2.0 belum bisa diakses sepenuhnya. Tapi tidak perlu kuatir, sebab Anda bisa melakukan simulasi sebelum melakukan akreditasi pada sistem 2.0.

Anda bisa mencari versi simulasi ini pada mesin pencari dan pilih SISPENA 2.0 yang ada pada urutan kedua, bukan yang pertama.

Sebab, link SISPENA 2.0 yang ada pada bagian atas merupakan link yang akan mengarahkan Anda pada sistem 2.0 yang sebenarnya, yaitu yang belum dapat diakses sepenuhnya. Maka dari itu, pilih link pada bagian kedua yang akan mengarahkan Anda pada versi simulasi.

Login Ke Portal

Ketika memasuki aplikasi SISPENA 2.0 Anda juga harus tetap membuat akun, sebab aplikasi simulasi ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Untuk itu, Anda juga harus melakukan registrasi dengan membuat nama pengguna atau username dan kata kunci atau password.

Menurut standar dari BAN PAUD dan PNF maka untuk nama pengguna serta kata kunci menggunakan NPSN sekolah. Nantinya nama pengguna serta kata kunci inilah yang akan digunakan tiap kali akan login ke dalam portal SISPENA.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi SISPENA yang asli. Namun, guna pengamanan, nantinya NPSN sekolah ini juga bisa diganti sesuai dengan kesepakatan pihak sekolah terkait.

Pengenalam Menu dan Sub Menu

Agar tidak keliru dan mengalami kebingungan ketika akan memasukkan data sekolah, pastikan Anda memahami setiap menu dan sub menu yang ada di dalam dashboard portal. Anda boleh saja meng-klik tombol menu dan sub menu tersebut guna melihat apa saja isi di dalamnya sehingga nanti tidak perlu kebingungan mencari menu maupun sub menu yang dibutuhkan.

Pada dashboard portal terdapat data dan profil sekolah, Anda bisa mencari nama sekolah Anda dan melihat tampilan profil dalam antar muka portal. Selain menu tersebut, terdapat juga menu EDS yang dibagi lagi menjadi EDS-PA, formulir survei serta hasil penilaian EDS-PA.

Guna pengisian EDS-PA, Anda hanya perlu mengisi checklist yang tertera pada layar sesuai dengan kondisi terkini sekolah Anda. Selain itu pengisian tersebut juga dilengkapi dengan pengunggahan dokumen yang diperlukan. Hal yang perlu diingat adalah pada setiap pengunggahan, tunggu beberapa saat hingga semua laman tertampil sempurna di layar agar data terunggah sempurna.

Standar Untuk EDS-PA

SISPENA PAUD Cara Persiapan dan Standarnya 1
  • Pencapaian Perkembangan (Standar 1)

Nantinya pada tahapan standar 1 ini, Anda harus mengisi beberapa checklist di antaranya adalah :

  1. Pencapaian pertumbuhan siswa yang harus dilengkapi dengan dokumen pencapaian pertumbuhan siswa
  2. Pencapaian pertumbuhan semua anak sesuai kelompok usia yang harus dilengkapi dengan dokumen Grafik Berat Badan berbanding Tinggi Badan, Dokumen Grafik Tinggi Badan Berbanding Usia dan Dokumen Grafik Lingkar Kepala
  3. Dokumen Data Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak sesuai dengan Kelompok Usia
  4. Dokumen Deteksi Pencapaian Perkembangan Anak sesuai Kelompok Usia, di dalamnya terdapat dokumen DDTK, KMS, Dokume KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan ) dalam buku saku SDIDTK
  5. Standar Isi (Standar 2)

Pada bagian ini pembahasan yang harus diisi meliputi Kurikulum dan Kompetensi Perilaku Keselamatan Diri.

Kurikulum harus menyertakan dokumen berupa KTSP, Dokumen acuan kurikulum, Dokumen Evaluasi Kurikulum Satuan.

Kompetensi Perilaku Keselamatan Diri harus dilengkapi dengan dokumen yang berisi tentang perilaku keselamatan diri sesuai dengan kondisi sebenarnya yang ada di dalam sekolah Anda.

  • Standar Proses (Standar 3)

Pada tahapan ini yang harus dilakukan adalah pengunggahan dokumen seperti Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, Program Holistik Integratif, Keterlibatan Orang tua dan Pengawasan Pembelajaran. Semua dokumen tersebut harus diunggah dalam bentuk file PDF sedangkan ukuran maksimal dari dokumen tersebut adalah 2 Mb.

  • Standar PTK (Standar 4)

Bagian ini merupakan akreditasi yang berhubungan dengan tenaga pengajar, sehingga dokumen yang harus diunggah merupakan dokumen yang berhubungan dengan kualifikasi akademik dan kompetensi tenaga pengajar dan pendidik di dalam sekolah Anda.

Berkas tersebut antara lain ijazah dari tiap tenaga pengajar dan pendidik dan juga sertifikat. Sertifikat tersebut bisa didapatkan dari kursus, workshop, seminar maupun pelatihan yang diikuti oleh tenaga pendidik dan pengajar di sekolah Anda.

  • Sarana dan Prasarana (Standar 5)

Berkas yang harus dipersiapkan untuk diunggah pada tahapan standar 5 adalah berkas tentang ketersediaan alat peraga edukasi, dokumen sarana kebersihan, dokumen luas lahan, status lahan, ketersediaan ruang, jenis ruang serta instalasi.

  • Standar Pengelolaan (Standar 6)

Berkas yang diperlukan adaah berkas yang memuat tentang Visi Misi dan Tujuan Lembaga yang menaungi Anda, RKT (Rencana Kerja Tahunan), Kaldik (Kalender Pendidikan), Struktur Organisasi, Deskripsi Tupoksi, Panduan Pelaksanaan, Layanan menurut kelompok usia, Lama belajar per hari, serta per minggu, Daftar kehadiran PTK, dan Supervisi satuan.

  • Standar Pembiayaan (Standar 7)

Karena merupakan tahapan yang berkaitan dengan pembiayaan, maka berkas yang harus dipersiapkan tentunya juga yang berhubungan dengan hal tersebut. Berkas-berkas yang diperlukan adalah tentang sumber pembiayaan per tahun satuan PAUD, Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Satuan (RAPBS) juga berkas tentang Penyelenggaraan program pembelajaran.

Kemudian juga berkas mengenai Pembiayaan pengembangan SDM, Pengadaan dan Pemeliharaan saran dan prasarana, Pembiayaan pendidikan yang harus dikeluarkan untuk siswa dan Pembukuan terkait pembiayaan yang dimiliki.

  • Standar Penilaian Pendidikan (Standar 8)

Standar ini merupakan standar terakhir pada SISPENA PAUD. Dalam tahapan ini maka berkas yang harus dipersiapkan antara lain adalah berkas Penilaian perkembangan siswa, Penilaian harian terkait pencapaian perkembangan siswa, dan Laporan hasil penilaian terkait pencapaian perkembangan kepada orang tua siswa dengan frekuensi pelaporan.

Sama seperti SISPENA pada tingkat pendidikan lainnya, SISPENA PAUD juga sangat penting. Walaupun berkas yang harus dipersiapkan juga sangat beragam, sekolah harus mengusahakan hal tersebut guna mendapatkan akreditasi yang nantinya juga akan berdampak baik bagi sekolah tersebut.

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *