banner 728x250

Simpatika Pengertian dan Keunggulannya

  • Bagikan
Simpatika Pengertian dan Keunggulannya
Simpatika Pengertian dan Keunggulannya
banner 468x60
Simpatika
Simpatika

Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan disebut juga dengan Simpatika. Kini, ada banyak program yang diberikan oleh pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan baik diberikan melalui para pendidiknya, maupun langsung diberikan kepada peserta didik.

Bukan hanya di bidang pendidikan saja, tapi di bidang agama juga banyak program khusus yang diberikan langsung oleh pihak Kemenag, salah satunya yaitu Simpatika.Program pendidikan yang dibuat oleh Kemenag ini juga berkaitan dengan bidang agama Islam.

banner 336x280

Sistem informasi ini juga menjadi pusat layanan dari Kemenag, yang menjadi program lanjutan dari program lainnya yang dirintis oleh Kemendikbud, yang disebut dengan program Padamu Negeri.

Pengertian Simpatika

Simpatika Pengertian dan Keunggulannya 3

Pengertian dari sistem informasi pendidik dan tenaga kependidikan adalah sejenis aplikasi yang berupa pendataan, yang dipakai oleh Kemenag dan masih berhubungan dengan pendataan untuk para pendidik/guru dan juga kepala madrasah. Tenaga kependidikan dan kepala madrasah ini masih berada di bawah kepemimpinan Kemenag.

Sistem informasi yang satu ini mengelola segala jenis data/informasi yang berhubungan dengan mutu dari PTK, pengembangan keprofesian, tunjangan untuk profesi guru, serta penilaian tentang kinerja para guru tersebut.

Sejak tahun 2015 kemarin Kemenag telah mengembangkan suatu program layanan SIM PTK yang bekerja secara online, dengan basis program Padamu Negeri yang juga bekerja sama secara langsung dengan Telkom Indonesia.

Sistem informasi inilah yang digunakan oleh Kemenag dalam mendata secara langsung tenaga kependidikan bagi setiap RA/Madrasah.

Setiap PTK yang sudah terdaftar pada Sistem informasi ini harus mencetak kartu khusus Simpatika. Jika ada PTK yang masih aktif tapi tidak mengisi sistem informasi tenaga kependidikan ini, maka hal itu bisa mengganggu proses lainnya yang berkaitan dengan kependidikan tersebut di masa depan. Contohnya ketika PTK melakukan proses verikasi pada program kependidikan lainnya.

Keunggulan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Simpatika Pengertian dan Keunggulannya 4

Sistem informasi yang dibuat oleh Kemenag ini memiliki kelebihannya tersendiri, dan memberikan keuntungan bagi para tenaga pendidik, berikut keunggulannya :

  1. Data yang ada akan diinput atau dimasukkan secara langsung setelah transaksi selesai dilakukan, bahkan data itu akan update saat itu juga.
  2. Seluruh data yang diinput itu akan disimpan pada server serta database yang sedang dipakai, sehingga sistem serta database yang dipakai bisa terdistribusi dengan baik pada lokasi data center yang sudah disediakan di sana.
  3. Terdapat jaminan apabila terjadi transaksi yang dilakukan dengan menggunakan sistem itu telah sesuai dengan aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan. Segala jenis transaksi/proses pun akan terekam/tersimpan dengan baik di dalam sistem.
  4. Pengguna sistem ini mempunyai hak dalam mengakses layanan secara personal, dengan tujuan supaya penginputan data bisa terjadi secara mandiri. Data itu juga tidak hanya menjadi sebuah data diri saja, tapi juga menjadi evaluasi diri.

Sayangnya, masih ada kelemahan pada sistem ini seperti misalnya lemahnya kontrol terhadap sistem pengendalian internal, dan hal itu terkait dengan validasi pada sertifikat dan tunjangan guru yang tidak tepat waktu.

Beberapa Hal di Dalam Simpatika yang Harus Dikerjakan Langsung oleh PTK

Simpatika Pengertian dan Keunggulannya 5

Setiap PTK harus mampu melakukan pembaharuan data, untuk memastikan apakah data yang tersedia di sana sudah tepat atau belum, karena pengelolaan segala jenis data dalam kependidikan menjadi tanggung jawab individu atau pendidik dalam tenaga kependidikan pada sebuah lembaga tertentu.

Walaupun dalam kenyataannya, banyak juga PTK yang memberikan pekerjaan pengolahan data ini pada operator di Madrasah. Padahal operator tersebut juga memiliki pekerjaannya masing-masing, khususnya dalam sistem informasi PTK tersebut.

Data yang dikelola ini nantinya bisa memengaruhi kevalidan data para pendidik serta lembaga tempat mereka berada.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan oleh PTK dalam penyelesaian sistem informasi data yang ada, yang sifatnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal-hal yang harus dikerjakan ini akan menjadi acuan dalam pelaksanaan Simpatika itu sendiri, supaya tidak ada yang tertinggal atau terhalang oleh kendala, berikut penuturannya :

  1. Mencetak Kartu

Hal paling awal yang harus dilakukan oleh para PTK di awal semester adalah mencetak kartu sistem informasi tersebut. Kartu yang telah dicetak ini menjadi simbol dari seorang PTK yang sudah aktif pada semester yang sedang berjalan. Untuk setiap PTK yang tidak mencetak kartu akan dicatat sebagai PTK yang tidak aktif, oleh sistem yang telah berjalan.

Hal itu juga akan merugikan PTK lainnya, karena menjadi kendala yang cukup mengganggu dalam memproses tahapan lainnya. Cara mencetak kartu ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Klik “Keaktifan.”
  • Klik “Cetak Kartu.”
  • Nanti akan muncul tab baru yang isinya berupa preview, simpan dan cetak dari Kartu PTK, jika Anda menggunakan Google Chrome.
  • Namun jika Anda menggunakan Firefox maka perintah yang muncul adalah “Unduh Kartu.”
  • Selesai.
  1. Mengupdate Biodata

Perubahan pada data pribadi setiap PTK tentu akan selalu ada, misalnya perubahan alamat karena pindah rumah, perubahan riwayat pendidikan, keluarga, kepegawaian, serta jabatan dan fungsi yang dimiliki oleh PTK tersebut. Oleh sebab itu, setiap PTK juga harus terus mengupdate biodata setiap kali ada perubahan di dalamnya.

  1. Mutasi Madrasah/Induk

Ada beberapa tahapan yang juga harus dilakukan oleh PTK apabila PTK tersebut melakukan mutasi, jenis-jenis mutasi ini pun beragam.

  1. Alih Fungsi

Ada pula perubahan tugas yang terjadi pada setiap PTK yang disebut dengan alih fungsi, misalnya PTK tersebut memiliki perubahan golongan dari Non PNS menjadi PNS secara resmi.

  1. Sekolah Non Induk

Tahapan lainnya untuk seorang PTK yang harus dilakukan dalam Simpatika adalah jika PTK mengajar di 2 madrasah yang berbeda. Madrasah yang satu sebagai induk dan madrasah lainnya yang termasuk non induk.

Hal itu bisa disebabkan oleh tidak tercukupinya suatu ketentuan pada guru tersebut di sekolah induk, sehingga harus menambahnya di tempat/madrasah lainnya.

  1. Verval NRG & Sertifikasi

Guru yang sudah mempunyai NRG bisa melakukan Verval NRG & Sertifikasi, dengan catatan guru tersebut memang belum melakukan verval NRG di masa verval yang sebelumnya, atau bisa juga telah melakukan verval tapi Admin Kanwil Kemenag belum menolaknya.

  1. Mengecek Kembali Analisa Tunjangan

Tahapan yang satu ini harus atau wajib dilakukan oleh para PTK di setiap semesternya. Menu yang bisa dicek oleh PTG diantaranya yaitu rasio guru, mapel, jumlah JTM, siswa, dan lain sebagainya.

Fungsi dari analisa tunjangan ini untuk para guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan guru tersebut, dalam memperoleh tunjangan profesi atau tidak.

Apabila operator atau kepala Madrasah sudah mengisi jadwal mengajar, maka analisa tunjangan ini bisa dicek langsung oleh PTK.

Segala jenis data dan informasi yang berkaitan dengan PTK, kini bisa dilihat dan dikelola langsung oleh PTK itu sendiri.

Hal ini menjadi salah satu bentuk sederhana dari program Simpatika yang dibuat oleh Kemenag, sehingga seluruh PTK harus mematuhinya dengan benar.

https://simpatika.kemenag.go.id

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *