banner 728x250

SIM PKB Pengertian dan Cara Memperoleh Akun SIM PKB

  • Bagikan
SIM PKB Pengertian dan Cara Memperoleh Akun SIM PKB
SIM PKB Pengertian dan Cara Memperoleh Akun SIM PKB
banner 468x60
SIM PKB
SIM PKB

Salah satu programnya yang kini sedang berjalan adalah SIM PKB, yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen dalam program berkelanjutan

banner 336x280

Kini, dunia pendidikan sudah semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang juga semakin pesat. Tak heran bila ada banyak program yang dibuat khusus untuk para pendidik, supaya dunia pendidikan semakin maju.

SIM PKB ini juga dianggap sebagai alat penghasil dalam bidang informasi dalam mengelola suatu data/informasi. Selain itu, SIM PKB ini juga menjadi pusat pengaturan khusus layanan untuk pengembangan keprofesian para pendidik berkelanjutan.

Program tersebut merupakan suatu jenis program, yang tujuannya adalah untuk meningkatan kompetensi bagi para pendidik.

Pengertian SIM PKB

SIM PKB 2

Program SIM ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Program ini juga wajib diikuti oleh seluruh pendidik/guru, karena program SIM ini memang sudah dikembangkan sejak lama terutama pada program pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Tujuan dari program tersebut adalah supaya kompetensi yang dimiliki para guru menjadi semakin meningkat, dan pelaksanaannya juga sudah terintegrasi.

Baik guru, kepala sekolah atau pengawas sekolah harus masuk ke dalam pemberdayaan komunitas dengan melalui program SIM tersebut.

Komunitas GTK pada para pendidik ini meliputi KKG atau Kelompok Kerja Guru, MGBK atau Musyawarah Guru Bimbingan Konseling, dan lain sebagainya.

Program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran berkelanjutan untuk setiap guru, yang dimana program tersebut sudah menjadi kendaraan utama untuk membawa perubahan dalam hal pengembangan profesinya tersebut, terutama pada perubahan yang diinginkan di dunia pendidikan.

Tujuan akhir dari program pendidikan tersebut adalah keberhasilan dalam mendidik para siswa dan siswi. Para guru yang telah melakukan pengembangan yang berkelanjutan akan membuat para peserta didiknya memiliki pengetahuan yang lebih, menunjukkan pemahaman mengenai materi ajar yang tepat, memiliki keterampilan yang baik, dan mampu menunjukkan apa yang diketahui dan dilakukannya.

Pengembangan berkelanjutan ini juga harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan setiap guru itu sendiri. Kebutuhan apa saja yang sesuai dengan guru tersebut?

Misalnya yaitu kebutuhan dalam mencapai serta meningkatkan kompetensi, melebihi standar kompetensi guru yang sudah ada.

Hal itu akan berimplikasi dengan pendapatan angka kredit bagi kenaikan pangkat atau jabatan guru secara fungsional.

Pentingnya Program SIM dan PKB Bagi Setiap Guru

SIM PKB Pengertian dan Cara Memperoleh Akun SIM PKB 3

Hingga saat ini program SIM PKB telah menjadi program yang terpercaya, bukan hanya bagi kepala sekolah dan guru saja tapi juga bagi para pengawas sekolah yang juga menjadi sasaran dalam program tersebut, untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Hadirnya program SIM dan PKB ini merupakan keseriusan dari pemerintah sebagai langkah awal dari memajukan bidang pendidikan di Indonesia.

Pelaksana pendidikan ini bukan hanya output para siswa saja, tapi juga sikap profesional dari para guru yang kualitasnya terus ditingkatkan.

Caranya yaitu dengan melaksanakan uji kompetensi secara berkala, yang dimana batas pendapatan nilai standarnya juga harus selalu ditingkatkan setiap tahunnya.

Dalam memetakan kualitas para guru maka pihak Kemendikbud pun membuat aplikasi yang berbasis web untuk kemudahan para guru tersebut. Selain itu, seluruh guru juga harus terlibat dalam program ini tanpa terkecuali.

Aplikasi berbasis website yang dibuat oleh Kemendikbud untuk para guru ini hanya dapat diakses oleh para guru serta tenaga pendidik resmi. Alamat website program ini yaitu http://simpkb.id.

Jika ada kesulitan atau kendala saat mendaftar, maka guru yang bersangkutan bisa menghubungi dinas pendidikan terkait.

Website tersebut akan menjadi sarana bagi para guru dalam mengecek data pokok kependidikan, dan data penunjang yang nanti akan menunjang profesi atau sertifikasi untuk guru.

Siapa Saja yang Dapat Mengembangkan Program Keprofesian Berkelanjutan

Guru yang bisa mengikuti program SIM PKB ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Guru yang memiliki profil hasil dari UKG yang dimana 3-10 kelompok berkompetensi dengan nilai di bawah 65. Jika guru yang bersangkutan belum melakukan UKG atau guru yang sudah melaksanakan UKG tapi mata pelajaran atau keahliannya belum sesuai, maka guru ini harus mengikuti tes dengan sistem UKG dari awal lagi.
  2. Guru yang sudah terdaftar di komunitas GTK dalam SIM dan PKB tersebut.
  3. Guru yang ada di daerah yang memiliki jaringan internet terutama peserta didik serta yang mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  4. Guru yang bersedia melakukan segala jenis kegiatan pembelajaran yang disertai dengan keinginan dan komitmen tinggi. Setiap peserta didik yang mengikuti program keprofesian berkelanjutan ini wajib menyelesaikan 2 kelompok kompetensi dengan nilai paling rendah, dalam satu tahun program yang masih berjalan.

Cara Memperoleh Akun SIM PKB

SIM PKB Pengertian dan Cara Memperoleh Akun SIM PKB 4

Masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara memperoleh akun dari program SIM dan PKB ini bagi para guru, berikut tata caranya berdasarkan kategori status masing-masing guru tersebut :

  1. Untuk Guru yang Sudah Melaksanakan UKG di Tahun 2015

Bagi para guru yang sudah melaksanakan UKG di tahun 2015 lalu, cara mendapatkan akun SIM PKB ini adalah sebagai berikut :

  • Pilih menu “Registrasi Akun” terlebih dahulu.
  • Masukkan data nomor peserta yang diperoleh ketika mengikuti UKG tahun 2015 lalu beserta tanggal lahir.
  • Klik keterangan “Saya Bukan Robot” yang ada di kota kecil yang tersedia.
  • Langkah terakhir yaitu klik “Register.”
  1. Untuk Guru yang Belum Melaksanakan UKG

Cara untuk memperoleh akun SIM bagi guru yang belum pernah melaksanakan UKG tentu berbeda, berikut tata caranya :

  • Pilih menu “Registrasi Akun.”
  • Cari UKG di halaman menu.
  • Pilih nama Provinsi/Kota/Kabupaten tempat Anda tinggal kemudian masukkan nama.
  • Cari tombol GTK.
  • Cari nama Instansi/Sekolah tempat Anda mengajar kemudian catat nomor UKG yang tertera di sana.
  • Langkah terakhir, ikuti tata cara di atas untuk guru yang sudah melaksanakan UKG.

Cara Melakukan Pemutakhiran atau Perubahan Data pada Sekolah Induk dan Mapel

Anda bisa melakukan perubahan data dengan cara berikut ini, jika ada seorang guru yang menemukan jenjang atau mapel yang telah tercantum di dalam SIM dan PKB ini tidak sesuai dengan mapel yang seharusnya diajarkan di sekolah :

  1. Perubahan Data Profil Guru Satminkal Guru

Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Klik ikon pensil pada kolom sekolah induk atau satminkal.
  • Ketikkan nama sekolah di kolom cari, untuk mendapatkan nama sekolah tempat Anda mengajar.
  • Klik “Simpan.”
  1. Perubahan Data Profil pada Mata Pelajaran Guru

Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Klik ikon pensil pada kolom mata pelajaran .
  • Lalu pilih mapel di bidang yang Anda ajarkan sekarang.
  • Klik “Pilih.”
  • Klik “Simpan.”
  • Jika melakukan perubahan pada data jenjang atau mapel dalam SIM PKB tersebut maka Anda bisa mengklik Simpan. Namun jika Anda ingin mencetaknya maka bisa pilih Cetak, yang nantinya akan muncul SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK.

SIM PKB ini memang dibuat khusus untuk memudahkan para guru dalam memperoleh informasi serta untuk mengolah data yang berkaitan dengan guru itu sendiri dan bidang pendidikan lainnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *