banner 728x250

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB

  • Bagikan
Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB
Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB
banner 468x60
SIM PKB
SIM PKB

Dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik lainnya, pemerintah memberikan dukungan penuh melalui SIM PKB.

Sumber: https://mpp.sumedangkab.go.id/data/logo/skpd/Logobarudjp.jpg

banner 336x280

Guru atau pengajar menjadi salah satu ujung tonggak utama pendidikan di Indonesia yang akan mempengaruhi kualitas generasi masa depan.

Pemerintah pun melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru melalui sistem yang lebih terintegrasi seperti SIM PKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan).

Program ini cukup menarik karena memiliki visi untuk memusatkan seluruh proses pengembangan kemampuan guru melalui basis kelompok/komunitas dan bukan lagi sekolah.

Program SIM PKB menjadi salah satu program tindak lanjut dari instrumen Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan sejak tahun 2015 untuk memetakan kualitas guru.

Mengenal SIM PKB

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB 3

Dibuatnya program peningkatan kualitas guru melalui SIM PKB bukanlah tanpa tujuan. Ada visi dan misi ke depan yang diharapkan dapat tercapai melalui pemanfaatan sistem ini.

Sehingga diharapkan kewajiban untuk mengikuti SIM PKB bagi semua guru dapat dilaksanakan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Tujuan SIM PKB pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas mereka.

Semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan mulai dari pengawas, guru, serta kepala sekolah masuk ke dalam pemberdayaan komunitas GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan).

Komunitas tersebut memiliki beberapa tingkatan gugus dan kelompok kerja sebagai berikut:

·         KKG (Kelompok Kerja Guru)

·         MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)

·         MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling

·         KKKS (Kelompok Kerja Pengawas Sekolah)

Ada tiga komponen utama dalam PKB (Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan), yaitu publikasi ilmiah, pengembangan diri, dan karya inovatif.

Tak bisa dipungkiri bahwa SIM PKB adalah kendaran utama yang dapat membawa para guru dan pendidik untuk mencapai perubahan peningkatan kualitas seperti yang diharapkan bersama.

Hasil akhir dari dibuatnya sistem SIM PKB untuk tenaga pendidikan ini tidak lain adalah untuk keberhasilan siswa pendidik.

Seperti yang diharapkan semua guru, mereka ingin agar anak didiknya memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih baik.

Tidak hanya sekedar teori tapi juga bagaimana siswa-siswi mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan bagi guru sendiri, manfaat SIM PKB diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi yang mereka miliki.

Sehingga standar kompetensi profesi guru pendidik dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu diharapkan akan berimplikasi juga pada kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru nantinya.

Fitur-fitur Portal SIM PKB

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB 4

Portal SIM PKB dapat diakses dengan mudah melalui https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/. Anda bisa melakukan registrasi, login, dan mendapatkan berbagai fitur menarik lainnya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sebagai tenaga pendidik. Berikut ini penjelasan dari masing-masing fitur portal SIM PKB yang perlu Anda ketahui:

1.  Pencarian Data GTK

Melalui fitur ini Anda bisa dengan mudah mencari data guru dan tenaga kependidikan lainnya hanya dengan mengklik Cari GTK seperti yang tertera pada gambar.

Anda bisa mengaksesnya melalui link https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk kemudian mengisi dengan detail nama atau nomor peserta GTK, provinsi, dan kota.

2.      Registrasi Akun GTK

Jika Anda baru pertama kali menggunakan sistem ini, maka Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

·         Buka situs https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi

·         Isi nomor peserta UKG (Uji Kompetensi Guru) dan tanggal lahir

·         Klik Register

· Anda bisa menghubungi admin PKB melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat jika registrasi tidak berhasil

·   Jika registrasi Anda berhasil, maka Anda sudah bisa login melalui link admin/personal yang tersedia

3.      Program Guru Berbagi

Saling berbagi menjadi salah satu tujuan utama SIM PKB khususnya untuk mendukung kebijakan belajar #dirumahsaja selama masa pandemi Covid-19. Melalui fitur ini seluruh pihak yang terkait dalam bidang pendidikan mulai dari pemerintah, komunitas, guru, dan penggerak pendidikan hadir #darimanasaja untuk bersama hadapi pandemi.

Mereka diberi kebebasan melalui platform ini untuk saling bergotong royong berbagi ide melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Sehingga diharapkan kegiatan belajar mengajar di rumah tetap berlangsung dengan baik dan dapat memberi makna pembelajaran yang mudah diserap oleh anak-anak.

Berbagai ide RPP yang dapat diterapkan untuk kebutuhan kelas pada semua tingkat pendidikan telah dibagi oleh berbagai penggerak pendidikan yang terlibat. Anda dapat melihat berbagai ide RPP tersebut dan memilihnya dengan mudah karena daftar RPP diurutkan dari yang paling sering dibaca oleh pengguna.

Dengan adanya program ini, maka diharapkan para guru dan tenaga pendidik dapat saling bertukar ide dan pikiran terkait program pembelajaran yang mereka lakukan. Sehingga masing-masing guru dapat mengambil inspirasi tersebut untuk diterapkan saat mengajar peserta didiknya.

4.    Guru Penggerak

Aplikasi guru penggerak merupakan salah satu fitur SIM PKB yang mendorong para guru untuk terus aktif dan proaktif dalam mengembangkan program pembelajaran. Calon guru penggerak harus mengikuti seleksi terlebih dahulu agar bisa menjadi bagian dari program ini beserta para fasilitator dan pendamping.

Setelah lolos seleksi, calon guru penggerak akan mengikuti program pendidikan berupa pelatihan daring, konferensi, lokakarya, dan pendampingan selama 9 bulan.

Selama menjadi guru penggerak, diharapkan mereka dapat menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya. Berikut ini beberapa peran yang bisa diambil oleh para guru penggerak, di antaranya:

·     Mendampingi rekan guru lainnya untuk mengembangkan pembelajaran di sekolah

·   Menjadi penggerak komunitas belajar bersama rekan guru di sekolah dan wilayah terdekatnya

·  Mendukung dan meningkatkan jiwa leadership atau kepemimpinan siswa-siswi di sekolah

·   Membangun ruang kolaborasi antara guru dan pihak-pihak lain baik dari dalam maupun luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

·   Mendorong terciptanya well-being ekosistem pendidikan di sekolah melalui kemampuan dalam memimpin pembelajaran

5.      Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) – Prajabatan dan Dalam Jabatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik, fasilitas SIM PKB yang mendukung program tersebut adalah PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Program ini memberikan kesempatan baik kepada guru yang sudah menjabat maupun calon guru yang akan menjabat untuk tetap ikut berkontribusi.

Jadwal dan pelaksanaan proses seleksi PPG akan selalu di-update melalui website SIM PKB hingga pengumuman hasil seleksi. Program ini biasanya diadakan oleh Perguruan Tinggi yang memang memiliki program studi khusus di bidang pendidikan dan profesi guru.

Program ini memiliki tujuan untuk menghasilkan guru profesional sehingga kualitas sumber daya manusia dapat terus ditingkatkan agar memiliki daya saing. Selama masa pandemi proses pendidikan dan pelatihan akan dilakukan dengan pola daring.

6.      Program Organisasi Penggerak

Perlu disadari bersama bahwa pendidikan adalah tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat dan tidak terbatas hanya di sekolah saja. Program organisasi penggerak SIM PKB ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melakukan program pemberdayaan secara masif.

Tentu saja program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik lainnya.

Tersedia berbagai model pelatihan yang memang sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa bisa maksimal seperti yang diharapkan.

Program organisasi penggerak melibatkan sekolah maupun organisasi atau komunitas masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan.

Sebagai bagian dari rangkaian terobosan kebijakan Kemendikbud dengan tema Merdeka Belajar, maka diharapkan organisasi penggerak dapat melaksanakan program di daerah-daerah.

Dukungan dari Kemendikbud dalam pelaksanaan program ini meliputi bantuan dana, integrasi program, hingga pemantauan dan evaluasi dampak. Program organisasi penggerak akan dijalankan selama dua tahun oleh organisasi yang lolos seleksi persyaratan umum maupun khusus.

Bagi Anda yang tergerak untuk mendaftar namun tidak memiliki organisasi, Anda tetap bisa bergabung dengan mendaftar menjadi relawan.

Program ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapa saja yang ingin terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selain program-program tersebut, terdapat pula program-program lainnya yang sedang dicanangkan dalam SIM PKB. Beberapa di antaranya seperti upskilling dan reskilling guru kejuruan (vokasi), studi lanjut guru, diklat GPK (Guru Pembimbing Khusus), Guru Praktik Baik, dan Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Pentingnya SIM PKB Bagi Guru dan Tenaga Pendidik

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Program SIM PKB 5

Pendidikan di Indonesia semakin mendapat perhatian dari berbagai kalangan tak terkecuali pemerintah. Program kebijakan baru Kemendikbud RI dalam masa jabatan selama lima tahun ke depan mengusung tema merdeka belajar.

Kebijakan baru ini menuntut para guru dan tenaga pendidik lainnya harus memiliki esensi kemerdekaan berpikir sebelum mengajarkannya kepada murid-muridnya.

Sistem pengajaran akan terus mengalami perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Nuansa pembelajaran diharapkan bisa dibuat senyaman mungkin dan tidak terpaku di dalam kelas saja.

Melalui kebijakan ini diharapkan para guru dapat membentuk karakter peserta didik yang berani, pintar bergaul, mandiri, sopan, beradab, dan berkompetensi.

Sehingga mereka tidak hanya mengandalkan sistem ranking di kelas yang selama ini justru hanya meresahkan anak dan orang tua saja. Faktanya bakat dan kecerdasan anak berbeda-beda dan tidak hanya bergantung pada ranking.

Tuntutan dari kebijakan baru yang diharapkan dapat memberi dampak luar biasa bagi pendidikan tentu harus dimulai dengan meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik lainnya.

Itulah mengapa SIM PKB penting perannya sebagai penyedia platform untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini beberapa alasan penting yang perlu Anda ketahui mengapa guru dan tenaga pendidik diwajibkan menggunakan sistem ini, di antaranya:

·    Membantu memetakan kualitas guru dengan lebih mudah agar semua guru dan tenaga pendidik lainnya bisa terlibat di dalamnya

·   Memberikan berbagai informasi yang lengkap tentang identitas guru, informasi mengajar, dan status UKG (Uji Kompetensi Guru)

·   Merupakan alat penghasil informasi yang digunakan untuk mengelola data secara terpusat serta berbagai pengaturan layanan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan

·   Memberikan fasilitas program pelatihan kepada para guru dan tenaga pendidik lainnya untuk meningkatkan kualitas kompetensi

·    Mendorong semua lapisan masyarakat baik sekolah maupun organisasi yang bergerak di bidang pendidikan untuk turut andil dalam penerapan kebijakan Merdeka Belajar

·  Mempertemukan guru dan tenaga pendidik dalam satu komunitas yang terstruktur dan tersistem sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing

Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi karena harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada tak terkecuali dalam pendidikan.

Sistem SIM PKB yang terintegrasi dan terpusat menjadi salah satu wujud nyata dukungan pemerintah untuk melakukan perubahan yang lebih baik demi masa depan pendidikan Indonesia.

Sumber:

https://sumsel.tribunnews.com/2019/09/26/apa-arti-simpkb-berikut-penjelasan-simpkb-gpo-dan-ukg-guru-wajib-tahu

https://www.evaluasi.or.id/2019/06/penjelasan-lebih-lengkapnya-tentang-sim.html

https://www.kompasiana.com/andrewied/595ef207e4ed7e0456697862/sim-pkb

https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

https://www.mubaonline.com/berita/pentingnya-sim-pkb-bagi-guru-dan-tenaga-kependidikan-gtk-

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *