banner 728x250

Manajemen CPUN Pada BIOUNSDMI

  • Bagikan
BIOUNSDMI
BIOUNSDMI
banner 468x60
BIOUNSDMI
BIOUNSDMI

Sebelum membahas manajemen BIOUNSDMI tentu Anda sudah tahu beberapa sistem yang juga dibangun untuk manajemen data CPUN oleh kemendikbud.

Sistem PDUN menjadi sistem pra akhir sebelum proses manajemen data melalui sistem BIOUN. Sedangkan sistem BIOUN menjadi sistem akhir yang masuk pada proses pendataan CPUN.

banner 336x280

Pada laman BIOUN Anda akan diarahkan pada proses pengisian beberapa data yang dibutuhkan untuk validasi pendaftaran CPUN. ?

Dalam sistem BIOUN ini sudah ada data CPUN terverifikasi yang sebelumnya telah diupload oleh pihak operator sekolah dari sistem PDUN ke BIOUN.

Panduan Manajemen BIOUNSDMI

BIOUNSDMI 3

Setelah paham apa dan bagaimana sistem BIOUN SD/ MI, maka selanjutnyai Anda perlu tahu bagaimana melakukan manajemen data CPUN dalam aplikasi atau sistem yang bernama BIOUNSDMI.

Berikut di bawah ini bisa Anda simak urutan panduan melalukan manajemen data pada sistem BIOUN.

  1. Masuk ke laman web dengan link resmi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke laman remsi BIOUN SD/ MI dengan link atau url yang resminya yakni https://biosdmi.kemendikbud.go.id/bioun20/.

  • Proses login

Saat masuk pada laman BIOUNSDMI melalui link yang disebutkan di atas, maka Anda akan secara langsung diarahkan pada laman login yang berisikan sebuah form dan harus Anda isi. Form yang harus Anda isi meliputi username, password dan yang terakhir kode keamanan.

Lantas dari mana username dan password yang harus dimasukkan pada form login ini?

Pada tahap pendataan sebelum manajemen BIOUN biasanya dinas pendidikan akan mengadakan sebuah sosialisasi untuk memproses data melalui sistem terpadu.

Dari sosialisasi tersebut pihak sekolah akan mendapatkan username beserta passwordnya.

  • Proses mengganti password dan informasi data penting lainnya

Pada poin panduan sebelumnya telah dijelaskan bahwa username dan password untuk login BIOUN akan diberikan saat sosialisasi oleh pihak dinas pendidikan.

Karenanya untuk menjaga keamanan data Anda harus melakukan pergantian password dan juga editing beberapa informasi penting seperti ID kepala sekolah dan juga operator sekolah.

Setelah melakukan pergantian password dan editing data, maka Anda bisa secara langsung menyimpan datanya dan secara otomatis Anda akan keluar dari laman karena password akun telah teraganti.

Laman akan menampilkan kembali form untuk login. Anda sudah bisa login kembali dengan menggunakan password yang baru.

  • Masuk ke menu upload

Dalam sistem BIOUN SD/ MI Anda akan disuguhkan dengan beberapa menu yang berada pada kolom samping kiri tampilan sistem.

Menu pertama yang harus Anda kunjungi adalah menu upload. Halaman menu upload memperlihatkan beberapa tools aksi.

Anda bisa pilih aksi tambah. Sebelumnya jangan lupa untuk mendownload file DZ dari sistem PDUN yang sebelumnya telah diupload pada sistem BIOUN.

Setelah memilih aksi tambah maka Anda bisa memasukkan file DZ yang telah Anda download. Saat file telah terpilih maka selanjutnya pilih aksi upload. Tunggu hingga proses selesai.

Proses upload file yang telah berhasil akan menampilkan notifikasi yang menginstruksikan untuk melakukan cek validasi file upload.

  • Masuk ke menu data peserta

Setelah selesai dengan proses upload data pada menu upload maka selanjutnya Anda diharuskan masuk ke menu data peserta.

Pada menu ini tersedia beberapa sub menu. Sub menu yang harus Anda pilih adalah biodata peserta. Saat memilih sub menu biodata peserta maka Anda akan secara otomatis tampilan akan berubah dengan isi data CPUN.

Anda bisa lakukan cek validasi dari data ini.

Panduan Mengunduh File Biodata Siswa dari BIOUNSDMI

BIOUNSDMI 4

Dalam beberapa kasus ada keadaan dimana pihak sekolah membutuhkan file unduhan dari data CPUN yang ada pada laman BIOUN khusus SD/ MI.

Dari laman BIOUNSDMI Anda bisa memperoleh data yang lebih valid karena telah melalui proses verifikasi ulang dan validasi yang lebih akurat.

Untuk mengakses data siswa SD/ MI dari sekolah Anda pada laman BIOUN, tentu ada tahapan prosesnya.

Tidak sedikit operator sekolah yang baru dan tidak mengetahui panduan dalam mendownload data siswa.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini bisa Anda simak tahapan atau panduan mendownload data siswa di laman BIOUNSDMI.

  1. Masuk laman BIOUN SD/MI

Untuk bisa mengakses biodata siswa SD/ MI yang menjadi target Anda, maka Anda harus masuk dulu ke link BIOUN SD/ MI yakni https://biosdmi.kemendikbud.go.id/bioun20/.

  • Masuk laman login

Seperti biasanya saat Anda sudah masuk ke alamat resmi BIOUN SD/ MI maka selanjutnya Anda akan masuk pada laman login.

Di sini Anda tinggal mengisikan data username beserta password dan juga kode keamanan yang ada pada laman tersebut. Setelah itu klik tombol login dan masuk pada halaman beranda.

  • Masuk halaman download

Saat sudah dipastikan masuk pada halaman beranda BIOUN SD/ MI maka pada bagian samping kiri Anda akan diperlihatkan beberapa menu yang memiliki fungsinya masing-masing.

Untuk bisa mengakses biodata siswa SD/MI pada sistem ini maka Anda harus memilih menu download yang letaknya ada diantara menu upload dan menu data master.

Pada menu download Anda akan menemukan beberapa sub menu yang meliputi download kota/ kabupaten, download sekolah terdaftar, dan download siswa.

  • Masuk sub menu download siswa 

Untuk bisa mengakses data siswa Anda tidak perlu membuka semua sub menu yang ada pada menu download. Anda hanya perlu membuka sub menu download siswa dan secara otomatis Anda akan diarahkan pada sebuah form.

Sebelum menekan tombol download Anda bisa memastikan terlebih dahulu data siswa yang akan didownload tersebut.

Memastikan data siswa bisa Anda lakukan dengan mengisi semua form yang ada pada laman ini seperti tingkatan, jenis, status, provinsi, kota/ kabupaten, ujian, sekolah, dan per-tanggal update.

Hal ini dilakukan agar data yang akan Anda peroleh bisa disaring oleh sistem. Sehingga yang akan terdownload hanyalah file data siswa yang Anda targetkan.

Pada dasarnya tata cara atau panduan dalam mendownload data siswa dari BIOUN SD/ MI hampir sama dengan panduang download data siswa jenjang SMP maupun SMA.

Hanya saja ada beberapa kriteria form yang menjadi perbedaan dari data yang akan diperoleh. Selain itu laman alamat/ url sistem BIOUN antara tingkat SD/ MI, SMP, dan SMA sederajat adalah berbeda.

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan di atas dapat dipahami dengan jelas bahwa sistem BIOUNSDMI menjadi sistem akhir yang mengumpulkan seluruh data siswa CPUN tingkat SD/MI.

Data yang ada pada sistem ini merupakan data yang telah diperoleh dari proses upload data di laman PDUN yang tentunya sudah melalui proses verifikasi data.

Hanya saja perbedaannya dalam sistem ini nantinya semua data akan divalidasi ulang sebelum dikirimkan ke pihak pusat yang memang berwenang untuk mengatur pelaksanaan UN.

Adanya sistem ini membuat beberapa pihak operator data CPUN jadi merasa lebih ringan tugasnya. Hasil data yang didapatkan juga akan lebih terjamin keakuratannya.

baca juga :
√ Cara Login Dan Edit Data Di Bioun Sd Mi Tahun 2020 …https://blog-ruangguru.blogspot.com › Berita › UN

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *