banner 728x250

Cara Cek NISN : Cara Mengurus dan Memperbaiki Data

  • Bagikan
Cara Cek NISN Cara Mengurus dan Memperbaiki Data
Cara Cek NISN Cara Mengurus dan Memperbaiki Data
banner 468x60

Keberadaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi setiap peserta didik sangatlah penting karena berguna untuk berbagai proses administrasi.

banner 336x280

Misalnya saja sebelum pendaftaran SNMPTN ataupun untuk masuk ke jenjang sekolah lebih tinggi tentu sekolah yang baru akan menanyakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Untuk itu sangat penting bagi para siswa mengetahui cara cek NISN melalui portal web.

Apa Itu NISN?

Apa Itu NISN

Sebelum mencari tahu bagaimana cara cek NISN yang mudah, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian dari NISN.

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan kode unik dan standar bagi para siswa yang terdaftar di sekolah yang sudah memiliki NISN seluruh Indonesia.

Fungsi dari NISN adalah untuk memudahkan pemerintah dalam mengelola data para siswa yang sudah terstandarisasi dan terinduk secara nasional.

Dengan adanya NISN, maka dari manapun siswa bersekolah, ia bisa melanjutkan sekolah atau pindah ke sekolah lain yang berada di wilayah NKRI dengan mudah.

Kode identitas NISN berlaku selamanya sehingga meski siswa sudah lulus maka nomor tersebut tetap melekat pada siswa. Untuk pembagian kode NISN dilakukan menggunakan sistem otomatis melalui komputer.

Karena sistem pembagian NISN dilakukan secara otomatis, sangat jarang terjadi kasus antara satu siswa dan siswa lainnya memiliki NISN yang sama.

Cara Cek NISN Secara Online (Untuk yang Sudah Mengetahui NISN)

Cara Cek NISN Secara Online Untuk yang Sudah Mengetahui NISN

Bagi yang sudah mengetahui kode NISN, maka Anda bisa mengecek NISN melalui portal resmi database NISN milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud untuk mengetahui data dari pelajar tersebut.

Cara ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa data yang tertera di portal sama dengan data di akte kelahiran pelajar.

  • Buka web browser yang ada di smartphone maupun komputer yang tersambung dengan koneksi internet
  • Kunjungi alamat resmi database NISN milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Terkadang ada kalanya alamat website tersebut sedang mengalami perbaikan atau konfigurasi server. Apabila website sedang mengalam perbaikan maka pengecekan NISN bisa dilakukan lewat alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  • Pada laman awal akan tertera beberapa kolom berupa pengisian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan kolom pengisian nama lengkap dari ibu kandung.
  • Menyalin ulang kode Captcha yang tertera di layar
  • Jika sudah diisi, terakhir tinggal klik tombol “Cari Data”
  • Portal kemudian akan memproses permintaan Anda selama beberapa saat. Selanjutnya data pribadi peserta didik seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin dan data  alamat sekolah akan ditampilkan di layar.

Cara Cek NISN Secara Online (Untuk yang Belum Mengetahui NISN)

Pada kasus tertentu, Anda mungkin belum mengetahui kode Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan ingin mengetahui NISN peserta didik. Cara ini biasanya ditempuh oleh peserta didik ataupun orang tua peserta didik.

  • Buka web browser yang ada di smartphone maupun komputer yang tersambung dengan koneksi internet
  • Kunjungi alamat resmi database NISN milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Terkadang ada kalanya alamat website tersebut sedang mengalami perbaikan atau konfigurasi server. Apabila website sedang mengalam perbaikan maka pengecekan NISN bisa dilakukan lewat alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  • Pada laman utama, klik opsi “Pencarian Nama” untuk mencari NISN peserta didik
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke laman baru berupa beberapa kolom pengisian biodata peserta didik yang dicari NISN-nya. Anda akan diminta memasukkan data berupa nama lengkap peserta didik, tempat lahir, tanggal lahir, kemudian nama ibu kandung yang tercatat di akta kelahiran. Terakhir masukkan kode Captcha yang tertera di layar.
  • Jika seluruh data sudah dimasukkan klik “Cari Data”
  • Tunggu selama beberapa saat karena portal NISN sedang mencocokkan data yang dicari
  • Portal NISN akan menunjukkan data NISN bagi peserta didik yang dicari.

Saat cek NISN usahakan agar seluruh data yang dimasukkan tidak keliru. Hal ini karena sedikit saja ada huruf yang salah atau tertukar akan membuat pencarian tidak berhasil.

Cara Mengurus NISN Bagi yang Belum Memiliki

Cara Mengurus NISN Bagi yang Belum Memiliki

Ada kalanya pihak sekolah melakukan kekeliruan berupa belum menginputkan data seluruh siswanya hingga ada sebagian siswa yang belum mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Para siswa dianjurkan untuk melakukan cek NISN terlebih dahulu melalui portal resmi milik Kemdikbud untuk mengetahui apakah dirinya sudah terdaftar.

Apabila sudah dilakukan cek NISN melalui portal resmi milik Kemdikbud dan data siswa belum ada, maka dianjurkan untuk segera mengurus Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dengan cara berikut ini:

  • Untuk data siswa yang tidak terdapat pada portal https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dan atau https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/, maka unduh atau download F-PD atau Formulir Peserta Didik beserta Formulir A.1. Formulir ini ditujukan untuk mengajukan NISN baru bagi peserta didik.
  • Formulir F-PD dan formulir A.1 bisa diperoleh melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dengan mengklik bagian menu Formulir Pengajuan
  • Formulir yang telah diunduh kemudian dicetak terlebih dulu dan diisi secara manual atau dengan tulisan tangan
  • Setelah formulir diisi dengan sebenar – benarnya dan selengkap – lengkapnya, maka formulir diserahkan kepada operator NPSN dan NISN yang ada di sekolah
  • Pihak sekolah kemudian bertugas untuk mengirim formulir A.1 ke alamat email resmi PDSP yakni pdsp@kemdiknas.go.id agar peserta didik bisa memperoleh NISN

Apabila posisi siswa sudah lulus dari sekolah yang sebelumnya namun ternyata belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), maka segera ajukan permohonan NISN dengan cara di atas.

Untuk penyerahan formulir diberikan kepada sekolah asal yang tidak mengeluarkan NISN Anda. Sekolah asal akan mengurus pengajuan NISN ke Kemdikbud.

Cara Memperbaiki Data NISN Bagi yang Datanya Tidak Sesuai

Sangat penting bagi setiap peserta didik agar melakukan cek NISN melalui portal resmi NISN milik Kemdikbud. Pastikan bahwa setiap data yang tertera di portal sama dengan data yang ada pada akta kelahiran seperti nama lengkap hingga tanggal lahir. Apabila salah, segera ajukan perbaikan data dengan cara berikut ini:

  • Untuk data siswa yang tidak sesuai dengan akta lahir, maka unduh atau download formulir perbaikan yaitu Formulir A.3. untuk pengajuan perbaikan bagi biodata peserta didik.
  • Formulir A.3 bisa diperoleh melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dengan mengklik bagian menu Formulir Pengajuan
  • Formulir yang telah diunduh kemudian dicetak terlebih dulu dan diisi secara manual atau dengan tulisan tangan
  • Setelah formulir diisi dengan sebenar – benarnya dan selengkap – lengkapnya, maka formulir diserahkan kepada operator NISN yang ada di sekolah tempat Nomor Induk Siswa Nasional dikeluarkan
  • Pihak sekolah kemudian bertugas untuk mengirim formulir A.3 ke alamat email resmi PDSP yakni pdsp@kemdiknas.go.id agar data peserta didik bisa diperbaiki di portal NISN.

Mengingat pentingnya kode NISN dan keakuratan data pribadi peserta didik yang ada pada portal NISN Kemdikbud, sangat penting agar Anda cek NISN pada portal. Pengecekan bermanfaat untuk memastikan apakah ada data yang keliru dan harus diperbaiki atau bahkan NISN yang belum keluar untuk peserta didik.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *