banner 728x250

Cara Cek Data Siswa Dapodik Online, Sudah Valid Atau Belum?

  • Bagikan
Cara Cek Data Siswa Dapodik Online, Sudah Valid Atau Belum
Cara Cek Data Siswa Dapodik Online, Sudah Valid Atau Belum
banner 468x60
Dapodik Online
Dapodik Online

Sistem pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terus mengalami pengembangan menjadi lebih baik. Pendataan di bidang pendidikan secara nasional sebenarnya juga pernah dilakukan sebelumnya melalui program Padamu Negeri. Namun di era Presiden Jokowi, maka pendataan pendidikan secara nasional menggunakan sistem aplikasi Dapodik online.

Apa Itu Dapodik Online?

Cara Cek Data Siswa Dapodik Online 2

Dapodik online adalah singkatan dari Data Pokok Pendidikan yang berguna untuk mengolah data serta memasukkan data dari peserta didik. Selain data peserta didik, di dalam sistem Data Pokok Pendidikan juga terdapat keterangan mengenai profil sekolah. Data Pokok Pendidikan bisa diakses oleh semua operator yang ada di sekolah.

banner 336x280

Selain mempermudah admin di sekolah untuk melakukan perekaman data pendidikan setiap peserta didik, keberadaan Dapodik online juga sangat bermanfaat sebagai basis data verifikasi riwayat performa guru untuk memberikan tunjangan maupun beasiswa. Dengan adanya Data Pokok Pendidikan, mengakses informasi pendidikan nasional bisa dilihat dari satu saluran saja.

Aplikasi komputer Data Pokok Pendidikan dibuat oleh Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Indonesia untuk memudahkan setiap sekolah untuk melakukan pelaporan kondisi pendidikan di tempatnya. Dengan begitu setiap sekolah bisa memberikan Data Pokok Pendidikan secara realtime meski terpisah jarak yang sangat jauh.

Sebenarnya sistem yang serupa dengan Data Pokok Pendidikan atau Dapodik online sudah dicanangkan sejak tahun 2006 namun terjadi kendala hingga baru mulai bekerja di tahun 2008. Namun pada saat itu pengelolaan masih dilakukan oleh PSP Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Dapodik kini digunakan sebagai satu – satunya acuan data untuk mengeluarkan kebijakan terkait dana biaya operasional sekolah atau BOS oleh Kemendikbud. Selain itu, data dari Dapodik juga digunakan oleh Kementrian Pendidikan untuk memberikan bantuan prasarana dan sarana maupun tunjangan bagi guru.

Fungsi Dapodik Online

Cara Cek Data Siswa Dapodik Online Sudah Valid Atau Belum 4
?

1. Penentuan jumlah alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah yang dapat disesuaikan dengan jumlah peserta didik

2. Penentuan jumlah alokasi bantuan prasarana dan sarana untuk sekolah yang fasilitasnya masih kurang

3. Penentuan alokasi jumlah tunjangan bagi tenaga pendidik yang memiliki performa memenuhi syarat

4. Digunakan untuk memperbaiki data kelembagaan sekolah

5. Menurunkan risiko pelanggaran dan penyimpangan dalam pelaporan kondisi setiap sekolah karena pelaporan langsung dari sekolah ke Kemdikbud

6. Memeratakan persebaran tenaga pendidik dan memetakan secara nasional

7. Sebagai wadah yang bermanfaat untuk melakukan evaluasi kebijakan dari Kemdikbud

8. Untuk melakukan pengajuan hingga verifikasi dan validasi data NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional

9. Untuk melakukan pengajuan hingga verifikasi dan validasi data NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional

10. Untuk melakukan pengajuan hingga verifikasi dan validasi data NUPTK atau Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan yang ada di sekolah

Fungsi Dapodik untuk Peserta Didik

Cara Cek Data Siswa Dapodik Online Sudah Valid Atau Belum 5

1. Data peserta didik yang ada di Dapodik bermanfaat bagi para siswa ketika akan menjalani Ujian Akhir Nasional

2. Data para siswa yang terdapat pada sistem Dapodik akan digunakan oleh pemerintah untuk merancang kebijakan atau program yang tepat bagi peserta didik sesuai dengan profil para siswa

3. Untuk melakukan verifikasi data bagi peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin mengajukan permohonan beasiswa

4. Perancangan kurikulum pendidikan berdasarkan profil para peserta didik agar lebih tepat sasaran dan efektif untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Selain operator sekolah, sebenarnya tugas untuk menginputkan data Dapodik juga ada pada tenaga pengjaar. Guru bisa melakukan validasi data yang sudah diinputkan apakah sudah benar atau tidak.

Panduan Mengecek Data di Dapodik Via Pendataan Dikdas

Setelah operator atau admin Dapodik di sekolah mengisikan data kependidikan di aplikasi Dapodik, perlu dipastikan apakah data yang dimasukkan sudah diterima server pusat atau belum. Berikut adalah panduan cara mengeceknya melalui pendataan Dikdas.

  • Buka website browser yang sudah terinstal di laptop atau komputer Anda
  • Masuk ke alamat situs http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian pilih ikon bertanda plus (+) yang terletak di sisi kiri dari nama provinsi dimana sekolah Anda berada
  • Selanjutnya Anda harus memilih nama kabupaten atau kota tempat sekolah berada
  • Kemudian klik kembali ikon bertanda plus (+) yang ada di sisi kiri nama kota atau kabupaten yang dipilih
  • Selanjutnya pilih lokasi kecamatan tempat sekolah Anda berada dan nama sekolah akan muncul.
  • Anda akan diberikan tabel sekolah yang berisi keterangan lengkap mengenai informasi sekolah tersebut
  • Anda bisa mengecek keterangan pada bagian tabel sekolah apakah data Dapodik sudah diterima atau belum. Di sini juga ada keterangan tanggal diterimanya data Dapodik
  • Sementara jika keterangan pada tabel adalah “Berhasil Diproses” artinya data Dapodik yang dikirimkan telah diterima oleh server
  • Apabila data yang Anda kirimkan masih sedang berada di tahap sinkronisasi, Anda akan melihat keterangan “Cek konversi”
  • Apabila data yang dikirimkan oleh sekolah ke server gagal, maka Anda akan melihat status masih kosong. Apabila data belum dikirimkan oleh sekolah maka keterangan status juga masih kosong

Panduan Mengecek Data di Dapodik Via Sistem Manajemen Pendataan

  • Buka website browser yang sudah terinstal di laptop atau komputer Anda
  • Masuk ke alamat situs http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
  • Lakukan login dengan cara menginputkan kata kunci atau passwor dan username milik sekolah
  • Apabila login telah berhasil dilakukan, maka Anda akan masuk ke laman Beranda utama dari website. Anda juga bisa melihat menu “Register Pengiriman”
  • Untuk melakukan pengecekan Dapodik, Anda bisa memilih menu sekolah yang terletak di sisi kiri layar. Selain itu Anda juga bisa mengecek Dapodik dengan cara mengklik tab data sekolah yang terletak di sisi atas website. Pada bagian menu ini Anda bisa melihat informasi terkait peserta didik, data sekolah dan data PTK
  • Untuk mengecek data yang sudah dikirimkan, pilih nama sekolah tempat Anda yang ada di bagian menu “Daftar Sekolah”.
  • Selain itu pada menu “Daftar Sekolah” ini Anda juga bisa mengecek sarana dan prasarana sekolah, data profil peserta didik yang terdaftar di sekolah serta daftar PTK.
  • Anda juga bisa mengecek status verifikasi data melalui daftar register pengiriman

Dampak Bagi Sekolah yang Tidak Melakukan Pengisian Dapodik

Mengingat fungsi Dapodik online yang sangat penting bagi Kemdikbud dalam menentukan alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka salah satu dampak yang dialami oleh sekolah ketika tidak mengisi data di Dapodik adalah tidak mendapat dana BOS. Selain itu, dampak yang sama juga bisa mengancam tunjangan guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Selain itu, sekolah juga mungkin tidak bisa mendapatkan bantuan prasaran dan sarana di sekolah. Dampak dari tidak diisinya Dapodik oleh sekolah adalah seluruh manfaat yang disebutkan di atas tidak bisa diperoleh oleh sekolah yang bersangkutan.

Dengan adanya Dapodik online, seluruh data terkait kurikulum sekolah serta kelembagaan dapat terpusat di satu saluran saja. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu baik bagi sekolah, dinas pendidikan dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menginput dan mengevaluasi data kependidikan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *