banner 728x250

BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur

  • Bagikan
BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur
BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur
banner 468x60

Apa yang di maksud dengan BAN SM ?

BAN SM
BAN SM

BAN SM atau Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah lembaga yang didirikan guna mengawasi dan mengatur segala sesuatu perihal akreditasi pada tingkat sekolah dan sederajat.

Badan ini dibawahi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Teknologi. 

banner 336x280

Badan berskala nasional ini berisi orang-orang yang profesional dan ahli pada bidangnya. Dengan adanya BAN-S/M maka sistem akreditasi bisa lebih terintegrasi dan diawasi demi kemajuan dan kebaikan bersama.

Struktur Organisasi dan Mekanisme Kerja BAN SM

BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur 2

BAN-S/M memiliki visi dan misi yang selaras dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan yang adil dan merata bagi seluruh anak usia sekolah di Indonesia.

Visi badan negara ini adalah tercapainya lembaga yang menangani masalah pentauliahan sekolah maupun madrasah yang didirikan dan dikelola secara profesional serta terpercaya dan terbuka.

Ketiga tujuan tersebut juga merupakan moto dari BAN-S/M yang diharapkan dapat membantu sekolah maupun madrasah guna meraih standar mutu pendidikan seperti yang diharapkan.

Sedangkan misi dari badan ini sendiri terdapat sebanyak enam butir yang semuanya saling bersinergi.

Keanggotaan, Masa Jabatan, dan Pergantian Anggota BAN SM

BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur 4
  1. Keanggotaan

Jumlah anggota dari badan negara ini haruslah ganjil, yaitu minimal sebelas (11) orang dan maksimal lima belas (15) orang yang semuanya merupakan ahli di bidangnya.

Bidang yang dimaksud bisa berupa evaluasi pendidikan, manajemen pendidikan maupun kurikulum.

Selain para ahli, anggota BAN-S/M juga bisa mengambil dari unsur masyarakat pendidikan yang telah memiliki pengalaman yang teruji dan haruslah mempunyai pengetahuan yang luas serta berkomitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

  • Masa Jabatan

Masa jabatan dari BAN-S/M yang ditetapkan oleh menteri pendidikan ini adalah satu periode dan bisa diperpanjang hingga dua periode. Satu periode jabatan terhitung adalah selama lima tahun. Dalam satu tim, tentunya ada anggota yang merupakan anggota baru dan ada yang anggota lama yang diangkat kembali.

Ketetapan ini sudah diatur, sehingga setiap periode baru harus ada minimal dua orang dan maksimal empat orang dari periode sebelumnya yang diangkat kembali menjadi anggota tim BAN-S/M. Keanggotaan bisa berakhir jika masa jabatan sudah selesai, bisa karena sudah habis lima tahun dan tidak diperpanjang, atau karena sudah mengalami dua kali periode jabatan.

Keanggotaan tersebut juga bisa habis masa berlakunya jika anggota tersebut mengundurkan diri, diberhentikan atau meninggal dunia.

  • Pergantian Keanggotaan

Ada beberapa alasan hingga seorang atau beberapa orang dari anggota BAN-S/M diberhentikan. Salah satunya adalah tidak sehat secara jasmani maupun rohani atau bisa keduanya. Alasan ini mutlak karena dapat mempengaruhi kinerja dari orang tersebut maupun keseluruhan tim.

Seorang anggota BAN-S/M juga bisa digantikan jika yang bersangkutan mengalami masalah hukum dan harus menjalani masa tahanan. Hal ini guna menjaga nama baik, serta kenetralitasan BAN-S/M dari pihak lain.

Alasan lain anggota BAN-S/M digantikan bisa jadi karena orang yang bersangkutan masih dan sedang menduduki jabatan struktural/pimpinan di perguruan tinggi/sekolah/madrasah dan lembaga lainnya dan/atau jabatan politik.

Walaupun sudah dilantik, anggota BAN-S/M juga bisa digantikan jika dalam pelaksanaan tugasnya tidak bisa menyesuaikan dengan visi-misi maupun tidak bisa menunjukkan kinerja dan integritas yang baik, atau bisa juga karena anggota tersebut berhalangan tetap.

Tugas dan Fungsi BAN SM

  • Tugas

Segala kebijakan yang bersifat operasional adalah bagian dari BAN-S/M guna merumuskan dan menetapkannya. Untuk alasan inilah maka hanya para ahli yang berkompeten yang diangkat sebagai anggota badan ini.

Setelah selesai dirumuskan dan ditetapkan, kebijakan tersebut haruslah disosialisasikan agar setiap sekolah dan madrasah mengetahui dan paham sehingga proses akreditasi institusi mereka bisa berjalan dengan mudah.

Tugas lain dari BAN-S/M yang juga merupakan yang utama adalah sebagai pelaksana akreditasi atau pentauliahan sekolah dan madrasah. 

  • Fungsi

Sebagai perumus kebijakan serta penentu pentauliahan sekolah dan madrasah

Sebagai perumus kriteria serta perangkat pentauliahan sekolah dan madrasah agar bisa dijadikan usulan bagi menteri terkait.

Pelaksana sosialisasi kebijakan, kriteria, dan perangkat pentauliahan sekolah dan madrasah

Pelaksana pentauliahan sekolah dan madrasah

Pengevaluasi pelaksanaan dan hasil pentauliahan sekolah dan madrasah

Pemberi rekomendasi masalah tindak lanjut hasil pentauliahan

Pemberi pengumuman tentang hasil pentauliahan sekolah dan madrasah secara nasional

Pemberi laporan hasil pentauliahan sekolah dan madrasah kepada menteri terkait

Pelaksana ketatausahaan BAN-S/M

Hak dan Kewajiban Anggota BAN SM

BAN SM Tugas Fungsi dan Struktur 5
  • Hak

Setiap anggota dari badan yang menaungi masalah akreditasi sekolah dan madrasah ini berhak untuk menyampaikan pendapat dan memiliki hak dipilih maupun memilih. Setiap anggota juga berhak untuk menjalankan aktivitas serta mengikuti semua kegiatan dalam lingkup BAN-S/M

Karena semua tugas dan fungsinya, maka setiap anggota juga berhak mendapatkan fasilitas serta layanan yang bisa memperlancar tugas serta fungsi mereka masing-masing. 

  • Kewajiban

Setiap anggota harus mampu mempertahankan nama baik badan akreditasi dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap badan yang menaungi mereka tersebut. Dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya, asas objektivitas serta kebenaran haruslah dipegang teguh. 

Selain itu, mengingat setiap anggota berhak mengikuti semua kegiatan BAN-S/M maka mereka pun harus mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh serta menaati semua peraturan yang berlaku. 

Syarat Menjadi Anggota BAN SM

  1. Warga Negara Indonesia yang ditunjukkan dengan bukti berupa kartu identitas dan dokumen terkait
  2. Harus sehat secara jasmani dan rohani
  3. Memiliki Kelakuan yang baik
  4. Tidak sedang dihukum atau tidak pernah menjalani masa hukuman karena melakukan sebuah tindak kejahatan
  5. Bebas dari rangkap jabatan, seperti yang sudah dijelaskan di bagian pergantian keanggotaan di atas.
  6. Syarat tambahan lain yang bisa berkembang seiring dengan ketetapan panitia seleksi

Susunan Organisasi BAN SM

  1. Ketua 

Ketua BAN-S/M juga merangkap sebagai anggota. Pemilihan ketua didasarkan atas suara terbanyak yang diambil dari semua anggota. Selanjutnya calon ketua yang terpilih berdasarkan voting tersebut akan dilantik oleh menteri.

Tugas dari ketua adalah memimpin serta mengkoordinir jalannya tugas BAN SM dan juga memimpin pelaksanaan operasional harian.

  • Sekretaris

Sekretaris juga merangkap anggota dan proses pemilihannya sama seperti pemilihan ketua BAN-S/M. Tugas seorang sekretaris adalah mengelola pelaksanaan ketatausahaan BAN-S/M dan memberikan bantuan kepada ketua ketika pelaksanaan tugas.

  • Anggota

Tugas dari anggota adalah menghadiri rapat serta semua kegiatan yang sudah ditetapkan oleh BAN-S/M. Mendukung sepenuhnya tugas ketua serta membina BAP-S/M sesuai dengan penugasan masing-masing.

  • Tim Ahli/Teknis

Tim ini diangkat oleh ketua. Tugas mereka adalah melaksanakan setiap rencana kerja yang sudah ditugaskan untuk masing-masing mereka. Nantinya setiap hasil pekerjaan akan dipertanggungjawabkan pada ketua.

Setiap bagian dari BAN-S/M memiliki tanggung jawab dan peran masing-masing yang sama besar dan sama pentingnya. Keberadaan BAN SM memudahkan pemerintah guna mendata setiap sekolah dan madrasah yang membutuhkan akreditasi dan sebagai jembatan antara pusat dengan institusi sekolah maupun madrasah.


:–BANSM–:https://bansm.kemdikbud.go.id › page › tugas-dan-fungsi
.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *